403 Orang Sarjana Baru Diwisuda

0
183
WISUDAWAN dan wisudawati Kampus UMRAH Tanjungpinang ketika mendengarkan orasi ilmiah, belum lama ini. f-istimewa

Hari Ini, UMRAH Gelar Sidang Senat Terbuka di Dompak

Hari ini, Sabtu (23/3) Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang akan mewisudakan mahasiswa-mahasiswinya sebanyak 403 orang.

TANJUNGPINANG – Acara sidang senat terbuka itu akan berlangsung di Aula Wan Seri Beni Kantor Gubernur Kepulauan Riau di Dompak.

Wisuda sarjana ke-XII tahun 2019 kali ini akan mengusung tema ‘Dengan UMRAH 5.0, Kita Siapkan Sumber Daya Manusia yang Kompeten Dalam Menghadapi Era Industri 4.0’.

Hal ini disampaikan ketua pelaksana acara wisuda yang juga sebagai Kabiro Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama Ary Satya Dharma, S.Sos, M.Si.

”Saat ini UMRAH akan menggelar wisuda dua kali dalam setahun. Untuk jumlah seluruh mahasiswa-mahasiswi yang diwisuda mencapai 403 orang. Nantinya, wisuda berikutnya akan digelar September,” jelas Ary Satya Dharma, Jumat (22/3).

Ary merincikan, dari jumlah 403 itu dari seluruh fakultas yang ada mulai dari Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) serta Fakultas Teknik (FT).

Adapun jumlah mahasiswa-mahasiswi yang diwisudakan, terbanyak dari FISIP yang berjumlah 123 mahasiswa-mahasiswi.

”Selanjutnya disusul FKIP, yakni berjumlah 105 mahasiswa-mahasiswi dan Fakultas Ekonomiyang berjumlah 76 mahasiswa-mahasiswi. Terakhir, FIKP berjumlah 67 dan FT berjumlah 32 mahasiswa-mahasiswi,” terang Ary.

Namun, ia tak menyampaikan siapa calon wisudawan/ti yang menjadi lulusan pemuncak atau terbaik (Cumlaude).

Pada wisuda sarjana ke-XI tahun 2018 lalu, alumni bernama Iwanto yang menjadi lulusan terbaik tingkat institusi Kampus UMRAH dengan perolehan IPK 3,96.

Iwanto merupakan alumni dari Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP), Prodi Teknik Hasil perikanan.

Pada wisuda sarjana UMRAH ke-XI tahun lalu, jumlah mahasiswa yang lulus sebanyak 658 wisudawan/ti.

Pada pelaksanaan wisuda sarjana ke-XI, saat itu UMRAH juga melaksanakan penandatangan MoU dan juga penyerahan plakat cinderamata kepada Rektor Kampus Universitas Terbuka, Universitas Negeri Batam, Universitas Universal Batam dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Galileo Batam.

Belum lama ini, UMRAH melalui Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) dan Universitas Jendral Soedirman (Unsoed) melalui Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) sepakat untuk melakukan kerja sama bidang Pendidikan, Studi Pedesaan masyarakat pesisir dan Energi baru terbarukan.

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dilakukan di ruang Rapat Rektor Unsoed, Rabu (20/2) lalu. Perjanjian kerja sama ini ditandatangani oleh Dekan FPIK UNSOED Dr. Ir. Isdy Sulistyo, DEA dengan Dekan FIKP UMRAH Dr. Agung Dhamar Syakti yang disaksikan langsung oleh Rektor UNSOED Prof.Dr.Ir. Suwarto, MS., dan Rektor UMRAH Prof. Dr. Syafsir Akhlus M.Sc.

Sekedar diketahui, Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang merupakan salah satu universitas termuda di negeri ini yang memiliki nilai strategis bagi wilayah dimana ia bertempat di Provinsi Kepri.

Tidak cuma bagi Kepri sendiri, namun juga bagi Indonesia di wilayah barat. Karena kampus ini terletak di garis depan negeri ini, berhadapan langsung dengan Malaysia dan Singapura dengan lokasi geografis yang saling berdekatan sejak zaman kerajaan Riau-Lingga.

UMRAH berdiri sejak tahun 2007 di bawah payung hukum SK Mendiknas No 124/D/O/2007 di Tanjungpinang, Ibu Kota Provinsi Kepulauan Riau. Dalam Perkembangannya, UMRAH yang kini telah disahkan menjadi universitas negeri pertama Kepulauan Riau berdasarkan Perpres No.53 tahun 2011 ini bercita-cita untuk tumbuh dan terus berkembang dalam menghasilkan lulusan yang Cerdas, Madani, dan Transformatif.

Hal ini yang menjadi unique selling point (Keunggulan) UMRAH dibanding perguruan tinggi lainnya.(ADLY ‘BARA’ HANANI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here