41 Calon PPK Ikuti Tes Tertulis

0
407
TES TERTULIS: Peserta calon PPK saat mengikuti ujian tertulis di aula Kantor Badan Perpustakaan dan Arsip Tanjungpinang, Selasa (31/10). f-istimewa

TANJUNGPINANG – Penerimaan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) telah memasuki tahapan tes tertulis di Gedung Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Tanjungpinang, Senin (30/10). Sebanyak 42 peserta yang lolos ke tahapan ujian tertulis, satu peserta absen, tanpa keterangan.

Salah satu Komisioner KPU, Muhammad Yusuf mengatakan, penerimaan PPK yang sedang tahap tes tertulis tersebut dalam rangka menghadapi pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang 2018 mendatang.

”Tes berlangsung selama satu jam, dimulai pukul 13.00. Pelaksanaan ujian berjalan dengan lancar dan tertib. Setelah tes tertulis ini selesai akan segera dilakukan koreksi,” ungkap Yusuf.

Selanjutnya peserta yang dinyatakan lulus dalam tes tertulis akan mengikuti tes wawancara. Dari tes wawancara, nantinya hanya 5 orang dari tiap kecamatan yang akan diterima sebagai anggota PPK dalam Pilkada 2018 mendatang. Sedangkan tugas, wewenang, dan kewajiban PPK yakni membantu KPU dalam melakukan pemutakhiran data pemilih, Daftar Pemilih Sementara (DPS), dan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

PKK juga melaksanakan semua tahapan penyelenggaraan pemilihan di tingkat Kecamatan yang telah ditetapkan oleh KPU. Mengumpulkan hasil penghitungan suara dari seluruh PPS di wilayah kerjanya. Melakukan rekapitulasi hasil penghitungan suara. Kemudian, menyerahkan hasil rekapitulasi kepada seluruh peserta pemilihan, membuat berita acara penghitungan suara serta membuat sertifikat penghitungan suara dan wajib menyerahkannya kepada saksi peserta Pemilihan, Panwas Kecamatan, dan KPU.

Ia juga berharap agar PPK yang diterima nanti bisa bekerja sesuai aturan berlaku. PPK tak boleh berpolitik apalagi tak netral. ”Mudahan kita menghasilkan calon PPK sesuai harapan kita dan harapan masyarakat,” harapnya. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here