43 Pelamar Komisi Informasi Lolos Administrasi

0
367
Rafki Rasyid

TANJUNGPINANG – Ketua Panitia seleksi (Pansel) Komisioner Komisi Informasi Provinsi Kepri, Rafky Rasyid mengatakan bahwa dari 65 pelamar yang mendaftar, yang berhasil lolos seleksi administrasi sebanyak 43 pelamar.

”Peserta yang tidak lolos, terkendala masalah umur yang belum genap 35 tahun,” tegas Rafki yang juga dosen di UMRAH Tanjungpinang itu, Minggu (1/7) kemarin.

Menurut Rafky, tahapan seleksi administrasi berkas lamaran sudah dimulai Juni lalu. Dan terkumpul sebanyak 65 berkas dengan rincian 51 orang laki laki dan 14 orang perempuan.

Pelamar didominasi oleh lulusan sarjana S1 sebanyak 40 orang dan S2 sebanyak 20 orang. Sisanya ada D3 sebanyak 3 orang dan lulusan SMA sederajat sebanyak 2 orang.

Ini sesuai dengan pasal 30 ayat 1 UU No.14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik peserta harus berusia genap 35 tahun, maka yang lulus dalam seleksi administrasi ini berjumlah 43 orang dan yang tidak lulus adalah 22 orang.

”Hampir seluruhnya peserta yang tidak lulus karena masalah usia yang belum genap 35 tahun,” terang Rafky.

Tahapan selanjutnya yaitu tes potensi akan dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 1 Juli 2018 bertempat di kampus UMRAH Dompak Tanjungpinang. Tes dilaksanakan mulai pukul 09.30 sampai selesai.

Dalam tes ini akan diuji kemampuan calon anggota KI dalam memahami aturan aturan terkait komisi informasi dan juga keterbukaan informasi publik. Calon juga akan diuji pengetahuan umum dari calon anggota KI. Dalam tes potensi ini, Timsel bekerjasama dengan FISIP UMRAH dalam hal pembuatan soal.

Timsel berharap seluruh calon anggota KI yang lulus seleksi administrasi untuk dapat mengikuti seluruh rangkaian seleksi dengan baik. ”Timsel juga berharap masukan dari masyarakat nantinya terhadap calon komisioner KI yang lulus tes potensi agar didapatkan komisioner KI yang berkualitas dan berintegritas demi menjamin berkualitasnya informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat,” ujar Rafki. (ais)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here