44 Karyawan Habis Kontrak

0
40

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) Kota Batam Rudi Syakakirti mengungkapkan, kondisi di PT Epcos, yang berlokasi di Kawasan Industri Panbil, Mukakuning Batam tidak melakukan PHK massal. Perusahaan hanya pemutusan kontrak kerja yang berakhir Desember untuk 44 orang.

BATAM – Penegasan itu disampaikan Kadisnaker Batam, Rudi Syakakirti, Selasa (23/10), setelah sebelumnya, mengkonfirmasi ke manajemen perusahaan Epcos. ”Sudah kita konfirmasi, karena peredaran informasi itu. Itu hanya off kontrak. Itupun jumlahnya hanya 44 orang dari 3 ribuan orang karyawan,” tegas Rudi.

Disebutkan, off kontrak itu dilakukan mulai 25 Oktober 2018, dari kontrak yang seharusnya habis pertengahan Desember 2018. Demikian, karyawan yang diputus kontrak itu juga tetap mendapat haknya, berupa sisa gaji hingga Desember. Kebijakan itu juga dinilai, bukan karena efisiensi.

”Sisa kontrak mereka bayar. Tidak tahu alasannya, tapi, ada 3 ribuan pekerja di situ. Jadi bukan efisiensi. Mungkin kelebihan (karyawan),” imbuhnya.

Sebelumnya, Ketua Himpunan Kawasan Industri (HKI) Batam, Oka Simatupang mengaku mendapat informasi itu. Dimana PT Epcos melakukan PHK terhadap karyawan. Namun kebenaran informasi PHK besar-besaran belum diketahui HKI.

”Betul ada infonya. Tapi tidak tahu pastinya. Itulah yang mau kita tanya. Banyak infonya. Kita mau cari tahu. Tapi jangan karena info ini, terganggu (investasi). Pada hal tidak sesuai pula infonya nanti,” ujar Oka.(MARTUA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here