47 Ibu-ibu Periksa Kanker Serviks Gratis

0
644
Kadinkes PPKB Tanjungpinang, Rustam beserta Ketua PKK Tanjungpinang Handayani Raja Ariza foto bersama usai pemeriksaan kanker serviks dan Sadanis di Posyandu Hangtuah Mandiri, Pinang Kencana.f-istimewa

TANJUNGPINANG – Dalam rangka menggalang pencapaian kesehatan masyarakat, Tim Penggerak PKK Kota Tanjungpinang bekerjasama dengan Dinkes Tanjungpinang melakukan pemeriksaan sederhana deteksi kanker leher rahim atau serviks serta pemeriksaan payudara klinis atau Sadanis.

Seperti yang diikuti 47 ibu-ibu warga RT V RW VII, Kelurahan Pinang Kencana di Posyandu Hang Tuah Mandiri, Kelurahan Pinang Kencana, Selasa (27/3) pagi secara gratis. Hadir dalam kesempatan itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tanjungpinang, Handayani Raja Ariza.

Ia mengajak para ibu untuk rutin melakukan pemeriksaan menggunakan metode IVA minimal satu tahun sekali, serta Sadanis setahun sekali. ”Ibu-ibu perlu melakukan tes IVA dan Sadanis supaya terhindar dari kanker serviks dan kanker payudara,” tutur Handayani di hadapan ibu-ibu warga RT 05 RW VIII Kelurahan Pinang Kencana.

Baca Juga :  Dua Pejabat Pemprov Jalani Rehabilitasi

Kepala Dinas Kesehatan dan PPKB Kota Tanjungpinang, Rustam menuturkan, pemeriksaan yang dilakukan sederhana dan tak memakan waktu lama. Untuk kanker serviks bisa menggunakan metode Visual Asam Asetat (IVA). Pemeriksaan dengan cara melihat langsung leher rahim dan meneteskan larutan asam asetat 3-5 persen.

Sedangkan pemeriksaan payudara klinis dilakukan tenaga kesehatan terlatih dengan meraba untuk dilihat apakah ada benjolan atau lainnya.

Kegiatan seperti ini diakuinya rutin dilakukan. Ini dalam upaya mencegah kaum ibu terkena kanker serviks yang termasuk penyakit tertinggi membunuh kaum perempuan di Indonesia.

Dari hasil pemeriksaan IVA selama ini, tim nya ada menemukan hasil positif. Meski demikian, itu belum bisa dinyatakan positif kanker serviks. Jika pasien telah positif IVA pengobatannya masih bisa dilakukan, yaitu krioterapi. Metode pengobatan khusus untuk merusak sel kanker menggunakan dry ice dan alat khusus. ”Di Tanjungpinang alat krioterapi sudah ada yaitu di Puskesmas Batu 10 Tanjungpinang,” ungkapnya.

Baca Juga :  Dinsos Akan Gelar Validasi Bantuan PKH

Sedangkan bagi pasien yang terdeteksi kanker serviks, menurutnya juga ada. Jumlah pastinya ia tak begitu mengingat. Pengobatannya dengan tindakan lanjutan medis seperti kemoterapi. ”Di Tanjungpinang belum ada RS yang bisa melakukan kemoterapi kanker serviks, biasanya di Batam. Pasiennya sekitar belasan kalau tidak salah,” ungkapnya singkat.

Terkait hal ini, ia mengimbau kepada kaum ibu untuk rutin memeriksakan kesehatan termasuk leher rahim dan payudara. Rencananya, kegiatan akan dilanjutkan di lokasi lokasi lainnya sehingga target seluruh ibu mendapatkan pemeriksaan IVA dan Sadanis minimal setahun atau dua tahun sekali dapat diwujudkan.

Baca Juga :  LAM Diminta Pilih Jenis Tanjak

Diagendakan pemeriksaan yang sama akan dilakukan, Rabu (28/3) pagi di Posyandu Saliara Perumahan Bukit Raya. Serta pemeriksaan dapat dilakukan kaum ibu di Posyandu dan seluruh puskesmas di Tanjungpinang.

Pemeriksaan gratis bagi peserta yang menggunakan Kartu JKN KIS. Hadir juga pada kesempatan itu, Kepala Puskesmas Batu 10, Lurah Pinang Kencana dan Para Ketua PKK Kelurahan se-Kecamatan Tanjungpinang Timur, para kader posyandu dan posbindu PTM se-Kelurahan Pinang Kencana.

Sebelum pelaksanaan tes IVA dan Sadanis, dilakukan pula pemberian penyuluhan oleh dr Dian Oktavianti Putri dari Puskesmas Batu 10. (dlp)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here