48 Penderita TBC Masih Kebal Obat

0
667
Tim medis dari Dinas Kesehatan dan Puskesmas mengunjungi salah satu penderita TBC yang kebal obat. f-istimewa

Kabar gembira untuk para penderita Tuberculosis (TB) atau TBC kebal obat. Sejak Januari 2018 telah ada pengobatan TB kebal obat yang waktunya jangka pendek, yaitu hanya setahun. Untuk 4 bulan pertama mendapatkan suntikan setiap hari.

TANJUNGPINANG – Di Tanjungpinang masih 48 persen penderita TBC kebal obat yang belum bersedia diobati. Kondisi ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan, n Pengendalian Penduduk dan KB Kota Tanjungpinang, Rustam, SKM, M.Si, kemarin.

Berdasarkan data Dinas kesehatan, selama tahun 2013-2017 ditemukan sebanyak 23 penderita TB kebal obat yang telah terkonfirmasi. Dari jumlah tersebut hanya 12 orang yang bersedia diobati dan 11 orang lainnya belum bersedia diobati.

Baca Juga :  Dongkrak Wisatawan, Disbudpar Ajak OPD Gelar Event

”Dari 12 orang yang diobati, 2 penderita telah dinyatakan sembuh, 8 masih dalam pengobatan dan 2 meninggal,” kata Rustam, kemarin.

Kata dia, sulitnya memotivasi pasien penderita TB kebal obat antara lain disebabkan lamanya proses pengobatan yang membutuhkan waktu hingga dua tahun dan 6 bulan pertama harus mendapatkan suntikan setiap hari serta tidak boleh putus minuman obat.

TB kebal obat yang tidak diobati dapat menjadi sumber penularan kepada orang lain, dan berbahaya karena jika menularkan kepada orang lain langsung yang TB kebal obat. Rustam berharap, para penderita TB kebal obat seluruhnya bersedia diobati dan patuh melakukan pengobatan sampai sembuh.

Baca Juga :  Jalan Gelap dan Rawan Maling

Sambung Rustam, saat ini petugas Dinas kesehatan dan Puskesmas sedang melakukan kunjungan rumah untuk memberikan motivasi kepada penderita TB kebal. Masih kata Rustam, memang relatif lama waktunya untuk proses pengobatan TB kebal obat ini. Oleh karenanya Dinkes senantiasa berupaya keras agar setiap penderita TB dapat diobati dengan sempurna dan tidak putus minum obat sehingga tidak menjadi TB kebal obat.

”Dan alhamdulillah untuk tahun 2017 dari 169 penderita TB yang ditemukan sebanyak 156 penderita atau 93 persen dapat diobati dengan tuntas dan 141 orang (84 persen) dinyatakan sembuh,” tegasnya.(ABAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here