5 Tips + 1 Saran Atasi Gangguan Tidur

0
259
insomnia sleep disorder natural remedies sleep aids

Sebagaimana tema yang diusung pada perayaan Hari Tidur Sedunia tahu ini, bahwasanya tidur punya irama. Dan irama ini yang mesti jadi titik fokus perhatian dalam pengembalian kondisi tubuh. Bukan hanya baik untuk kesehatan, menjaga irama tidur juga penting untuk memastikan jam biologis tubuh tetap berjalan baik.

Ini karena jam biologis tubuh memiliki peran penting dalam mengatur kapan tubuh harus beristirahat dan beraktivitas. Jika pola tidur tidak teratur, maka, jam biologis tubuh juga akan terganggu. Akibatnya, kondisi ini akan membuat tubuh rentan mengalami sakit bahkan menyebabkan kerusakan otak.

Untuk mencegahnya, menjaga irama tidur dengan menerapkan pola tidur yang baik jadi kunci. Salah satunya adalah dengan menjaga kualitas tidur. Berikut ada lima tips dan satu saran dari sejumlah referensi yang dapat membantu mengembalikan irama tidur.

1. Hindari Main Gawai sebelum Tidur
Sebisa mungkin, hindari bermain gadget sebelum tidur. Ini karena sinyal cahaya biru pada gawai dapat menekan produksi melatonin, hormon alami yang diproduksi tubuh saat malam hari untuk membantu seseorang tidur. Akibatnya, jam tidur akan tertunda dan memengaruhi jam biologis tubuh. Itu mengapa saat bermain gawai sebelum tidur, cenderung terasa “lupa waktu” dan tidur lebih larut.

2. Mandi Air Hangat sebelum Tidur
Sebuah studi menemukan bahwa mandi air hangat sebelum tidur dapat membuat tidur lebih nyenyak. Ini karena saat mandi air hangat sebelum tidur, tubuh akan lebih rileks. Suhu dingin yang dirasakan setelah mandi juga akan menjadi sinyal tubuh agar segera tidur. Jika ingin tidur lebih nyenyak, dianjurkan mandi air hangat 90 menit sebelum tidur. Karena di waktu tersebut, tubuh dapat mengatur ritme dasar sirkadian yang akan memberikan sinyal pada tubuh untuk mengantuk.

3. Hindari Makan sebelum Tidur
Makan di malam hari memang tidak dilarang. Tapi sebisa mungkin, hindari makan sebelum tidur, setidaknya dua jam sebelumnya. Ini karena proses tubuh untuk mencerna makanan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Jadi, makan tepat sebelum tidur bisa mengganggu kualitas tidur. Sebelum tidur, hindari juga konsumsi kafein dalam bentuk apapun, termasuk kopi, teh, minuman bersoda, dan lainnya. Karena konsumsi kafein sebelum tidur akan membuat semakin terjaga di malam hari.

4. Buat Rutinitas sebelum Tidur
Jika kesulitan tidur, tubuh bisa “dipaksa” untuk segera tidur dengan memancing rasa kantuk. Di antaranya adalah dengan mematikan lampu, membaca buku, mengatur suhu kamar, dan lainnya. Ini dilakukan untuk memberi tahu otak bahwa waktu tidur sudah dekat, sehingga otak akan mulai mengirimkan sinyal ke seluruh tubuh untuk bersiap tidur.

5. Meditasi sebelum Tidur
Studi yang dipublikasikan dalam jurnal JAMA Internal Medicine menemukan bahwa seseorang yang melakukan meditasi sebelum tidur, setidaknya 10-20 menit memiliki risiko lebih rendah terserang depresi, kelelahan, dan insomnia. Ini karena meditasi sebelum tidur dapat mengurangi perasaan dan pikiran negatif yang menyebabkan kesulitan untuk tidur. Alhasil, meditasi sebelum tidur bisa membuat pikiran lebih santai dan lebih mudah untuk tidur.

+ 1 Konsultasi ke Dokter
Jika memang semakin hari semakin akut gangguan tidur yang dirasakan, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi ke dokter. Hal ini demi menghindari sekaligus mencegah dampak buruk insomnia jika berlangsung lebih lama. Tentu, mencegah lebih baik daripada mengobati. (fatih)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here