50 Kecamatan di Kepri Belum Terbentuk Posyantek

0
76
Sardison MTP

TANJUNGPINANG – Hingga saat ini, dari 70 kecamatan di 7 kabupaten/kota di Kepri, baru 20 kecamatan yang sudah terbentuk Pos pelayanan teknologi (Posyantek). Sedangkan 50 kecamatan lainnya belum terbentuk.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kependudukan dan Catatan Sipil (DPMD Dukcapil) Pemprov Kepri, Sardison MTP mengatakan, agar pemanfaatan teknologi tepat guna bisa lebih cepat, maka Posyantek ini sangat perlu dibantuk di kecamatan-kecamatan. Adapun pengurus posyantek ini bisa dari masyarakat umum, pelajar dan mahasiswa atau pegawai.

”Posyantek itu ada organisasinya. Ada pengurusnya. Bagi pelajar atau mahasiswa atau masyarakat umum yang ingin tahu lebih jauh tentang teknologi tepat guna, maka bisa bergabung di posyantek,” ujar Sardison kepada Tanjungpinang Pos, kemarin.

Bagi mahasiswa, pelajar atau umum yang ingin mengikuti lomba Teknologi Tepat Guna (TTK) bisa diskusi dengan pengurus Posyantek. Atau bisa juga mandiri dengan membuat suatu inovasi teknologi dan tepat guna.

Teknologi pada umumnya sudah ada dasarnya. Yang terpenting adalah ada pengembangan atau ada inovasi pemanfaatan teknologi itu sendiri. Seperti lampu pijar misalnya, yang merupakan temuan Tomas Alpa Edisen.

”Sekarang ini banyak jenis lampu, warna-warni, ukurannya besar, sedang, kecil dan pemanfaatannya banyak. Teknologi awalnya sudah ada yakni temuan Tomas Alpa Edison. Lampu pijar yang ada sekarang ini merupakan pengembangan lampu pijar temuan sebelumnya dan pemanfaatannya banyak,” katanya mencontohkan.

Hal utama dari Posyantek adalah bagaimana meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat di wilayah kecamatan melalui pemanfaatan teknologi tepat guna (TTG).

Dalam menempuhnya, Posyantek memiliki berbagai kegiatan yang antara lain terkait dengan memberikan layanan teknis, informasi, dan promosi tentang berbagai jenis TTG kepada masyarakat, meningkatkan kualitas dan kuantitas berbagai jenis produk yang dihasilkan Usaha Kecil dan Menengah di Masyarakat (UKM). (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here