50 Siswa Lulus Seleksi Paskibra

0
542
Djasman Sos.

Panitia seleksi calon Pasukan pengibar bendera (Paskibra) di Kota Tanjungpinang akhirnya telah menyaring 50 siswa-siswi untuk ikut seleksi di tahap berikutnya dari sebelumnya 480 orang.

TANJUNGPINANG – Seleksi dilaksanakan selama tiga hari, dimulai Senin-Rabu (12-14 Maret) oleh tim panitia yang terdiri dari anggota TNI-Polri, Satpol PP dan Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Tanjungpinang.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Tanjungpinang, Djasman menuturkan, siswa terpilih sudah memenuhi syarat utama untuk maju ke seleksi berikutnya.

Siswa yang lolos ini berhasil menyingkirkan peserta lainnya berdasarkan rekomendasi dari keseluruhan sekolah. Awalnya ada sekitar 480 orang yang ikut seleksi. Tersaring menjadi 240 hingga 80 orang dan kini menjadi 50 siswa.

Syarat utama, diantaranya mulai dari tinggi badan, berat badan ideal, dan kontur tubuh menjadi anggota Paskibra. Tinggi badan untuk wanita minimum 160 centimeter dan laki-laki 165 centimeter.

Setelah ini, siswa akan mengikuti beberapa tahapan seleksi. Mulai dari latihan fisik, baris-berbaris, penguatan mental dan kepemimpinan. Tim seleksi kemudian akan melakukan perengkingan menyiapkan 12 siswa terbaik dikirim ke tingkat provinsi. ”Kita siapkan dan kirimkan perwakilan Tanjungpinang untuk provinsi dulu. Yang tak lulus tingkat provinsi akan masuk formasi di tingkat kota,” ucapnya.

Pada sesi terakhir, tim menyiapkan 32 anggota yang terbaik menjalankan tugas pada peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia nanti. Setelah itu, para peserta akan mengikuti karantina. Yang dilaksanakan 13 hari, dimulai 6 Agustus sampai dengan 18 Agustus

”Penyelenggaraan itu bertujuan menjadikan pemuda berakhlak Pancasila, berempati sosial, berwawasan global dan memiliki jiwa patriot,” kata Hendriana. Djasman menambahkan, bagi peserta yang tidak lulus seleksi, diminta tidak berkecil hati dan tetap semangat.(DESI LIZA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here