51.264 Warga Dapat Layanan Gratis di Puskesmas

0
817
BUPATI Bintan H Apri Sujadi dan Ketua PKK Bintan Hj Deby Apri Sujadi, menjenguk pasien yang mendapatkan pelayanan berobat gratis, belum lama ini.F-yendi/TANJUNGPINANG POS

BINTAN – SEBANYAK 51.264 warga Bintan mendapatkan pelayanan secara gratis di Puskesmas, selama tahun 2017. Dari pendataan Dinas Kesehatan Bintan, Puskesmas Kijang dan Seilekop di Kecamatan Bintan Timur, yang paling banyak memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi pasiennya.

Untuk mendapatkan pelayanan berobat gratis dari program kesehatan gratis Pemkab Bintan ini, warga hanya menunjukan identitas kependudukan atau KTP asal Kabupaten Bintan. Sejak Bupati Bintan H Apri Sujadi mencanangkan pelayanan gratis di Puskesmas sampai pukul 22.00, jumlah masyarakat yang berobat ke Puskesmas, semakin banyak menjelang akhir tahun 2017 lalu.

Kepala Bidang Yankes Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan dr Royhan Siregar menyebutkan, 51.264 masyarakat Bintan yang merasakan program berobat gratis itu, mayoritas menggunakan KTP Bintan saat berobat. Mereka berobat di 15 Puskesmas, yang ada di 10 kecamatan se-Kabupaten Bintan.

Baca Juga :  Pekerja Subkon PLN Tewas Tersetrum Listrik

Dari 51.264 warga yang berobat gratis di Puskesmas itu, 9.507 masyarakat mendapat program pelayanan berobat gratis di Kecamatan Bintan Timur, di Puskesmas Kijang dan Puskesmas Seilekop. Jumlah pasien yang memanfaatkan berobat gratis di Bintan Timur, paling banyak dibandingkan 13 Puskesmas di Bintan lainnya.

”Sedangkan paling sedikit itu di Kecamatan Teluk Sebong, dengan jumlah 2.932 masyarakat yang merasakan manfaat berobat gratis ini. Warga berobat di Puskesmas Desa Berakit, Sri Bintan dan Teluk Sebong,” sebut dr Royhan, Minggu (21/1) kemarin.

Sedangkan jumlah kunjungan di Puskesmas selama tahun 2017, dr Royhan mengukapkan, sebanyak 186.354 pasien. Dari jumlah tersebut, pasien yang berobat menggunakan kartu BPJS sebanyak 111.294 orang (59,7 persen), program berobat gratis (KTP Bintan) sebanyak 51.264 orang (27,5 persen). Sedangkan menggunakan jalur umum sebanyak 23.796 pasien (12,8 persen).

Baca Juga :  Cuaca Buruk, Jangan Coba-coba Melaut

”51.264 warga Bintan yang mendapat pelayanan berobat gratis ini, karena belum terakomodir di BPJS kesehatan. Dari jumlah itu, 22.128 orang laki-laki dan 29.136 wanita,” ungkapnya.

Bupati Bintan H Apri Sujadi menjelaskan, program berobat gratis di Puskesmas yang dicanangkan Pemkab Bintan ini, ditujukan kepada masyarakat Bintan yang kurang mampu dan belum terdaftar di BPJS. Tujuannya untuk meringankan beban masyarakat dan meningkatkan pelayanan kesehatan. Karena, warga yang berobat tidak dipungut biaya, meski tidak terdaftar sebagai peserta BPJS.

”Pelayanan kesehatan gratis di Puskesmas ini, tetap menjadi program unggulan kami di tahun anggaran 2018 ini,” tegas H Apri Sujadi, kemarin.

Baca Juga :  Kuala Sempang Uji Coba Budi Daya Bawang Merah

Jika warga Bintan yang berobat di Puskesmas harus dirujuk ke RSUD, tambah H Apri Sujadi, Pemkab Bintan akan memberikan fasilitasi untuk pengurusan kartu BPJS, sampai perawatan gratis rawat inap di kelas tiga. ”Saya senang, antusias masyarakat Bintan untuk berobat gratis di Puskesmas ini semakin tinggi,” tambahnya.(YUSFREYENDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here