52 Desa Wajib Terapkan Aplikasi Siskeudes

0
513
Awalludin

ANAMBAS – Pemerintah Kabupaten Anambas, melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemerintahan Masyarakat Desa (DinsosP3APMD) telah mewajibkan seluruh desa, agar dapat menertibkan administrasi dalam mengolah dan menata laporan keuangan perangkat desa.

Sebanyak 52 desa, harus memahami aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes).
Menurut Kepala Bidang Pemerintahan Masyarakat Desa Awalludin mengatakan, aplikasi tata kelola Siskuedes bisa tercapai.

Pihaknya akan melatih perangkat desa, dalam menyajikan administrasi Siskuedes dengan baik. Selain itu, beberapa waktu yang lalu mulai dari tanggal 18 sampai 20 Oktober 2017 sebanyak 34 desa telah dilakukan sosialisasi. Mulai Minggu (29/10), ia telah mengunjungi ke sejumlah desa.

Sekitar 18 desa mulai dari tanggal 31 Oktober, sampai 2 November 2017 acara sosialisasi tersebut berlangsung. ”Ini harus dilakukan. Sebab, itu demi tertib sistem administrasi keuangan desa. Kita mendatangkan narasumber dari BPKP Provinsi Kepri,” ujar Awalludin, Minggu (29/10).

Ia menerangkan, pihaknya harus turun langsung ke sejumlah kecamatan untuk dapat mengumpulkan para perangkat desa. Selain kepala desa, perangkatnya juga harus hadir diacara tersebut. Hal ini bertujuan, untuk menambah pengetahun perangkat desa. Sehingga, desa memahami tentang administrasi tata kelola keuangan desa, seperti dana desa, PPDK dan ADD.

”Pemerintah pusat memberikan kesempatan kepada desa untuk mengurusi tata pemerintahannya, meningkatkan kualitas kesejahteraan masyarakat, hingga pembangunan infrastrukturnya,” katanya. (end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here