52 Paskibra Mulai Latihan

0
835
SAMBUT PASKIBRA: Kadispora Tanjungpinang H Gunawan Grrounimo beserta jajarannya menyambut calon Paskibra Bendera Merah Putih Tanjungpinang di Hotel Comfort. F-DESI LIZA PURBA/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – Sebanyak 52 Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Tanjungpinang mulai mengikuti masa pendidikan dan pelatihan (Diklat) untuk pengibaran bandera Merah Putih tingkat Kota Tanjungpinang saat HUT RI ke 72, pada 17 Agustus mendatang. Dijadwalkan, diklat dilaksanakan 18 hari, ditandai dengan pembukaan oleh Wali Kota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah di Hotel Comfort Tanjungpinang, Senin (31/7) kemarin.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Tanjungpinang, Gunawan Grounimo mengaku bangga dengan para siswa yang terpilih.
Sebenarnya ada 53 peserta yang lulus, hanya saja ada satu peserta yang mengundurkan diri karena alasan medis atau sakit. ”Siswa terkait secara terus terang menyampaikan kondisi fisiknya dan kita menghargai keputusan tersebut,” ujarnya dalam kata sambutannya.

Baca Juga :  Paguyuban Batak Gelar Pesta Bona Taon

Peserta berasal dari berbagai sekolah tingkat SMA sederajat di Tanjungpinang. Mengagumkan bahkan ada beberapa peserta dari etnis Tionghoa. Ini artinya, mereka turut berpasrtisipasi dalam semarak HUT Indonesia. Dituturkannya, ada empat materi penting, di luar hal-hal lainnya yang akan diperoleh peserta Paskibra. Diantaranya kepemimpinan pemuda, kedisiplinan, kerohaniaan dan tanggung jawab sebagai warga negara.

Pelatihan akan diberikan pihak-pihak yang berkopetensi di bidangnya. Untuk baris-berbaris menggandeng Polres Tanjungpinang, Yonmarhanlan IV dan Detasemen Markas Pangkalan Utama TNI AL, Pangkalan TNI AU Raja Haji Fisabilillah, Komando Distrik Militer 0315/Bintan dan Satpol PP Tanjungpinang. Selama 18 hari itu, juga akan ada Diklat di malam hari. Untuk pemateri malam hari akan menghadirkan berbagai narasumber, diantaranya, Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah, Komandan TNI/Polri, Kadispora Tanjungpinang, Ketua KNPI, Kasatpol PP dan Kepala BNN Tanjungpinang.

Baca Juga :  Imlek, Wako Kunjungi Rumah Tokoh Tionghoa

Pelatihan akan dilaksanakan di beberapa tempat, diantaranya di Halaman Hotel Comfort serta Lapangan Kantor Wali Kota Tanjungpinang dan lainnya. Ia meminta peserta dapat memanfaatkan Diklat dengan sebaik-baiknya, tetap semangat dan menjaga kekompakan. ”Sebab tidak semua siswa memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi anggota Paskibra,” tuturnya.

Ia menambahkan, ada hal lain yang juga patut dibanggakan, yaitu ada 10 peserta perwakilan Tanjungpinang yang lolos ke tingkat Provinsi Kepri. Mereka akan bertugas mengibarkan bendera Merah Putih di hari yang sama di Gedung Daerah, Tanjungpinang. Terkait formasi tentu belum bisa dibahas secara detail, ini terkait teknis dan menjadi kewenangan pelatih. Lis Darmansyah memberikan motivasi dan meminta peserta untuk sungguh-sungguh berlatih agar bisa memberikan yang terbaik. (DESI LIZA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here