53 Ormas Ikuti Pelatihan Kepemimpinan

0
384
IKUT PELATIHAN: Puluhan perwakilan Ormas dan OKP saat mengikuti pelatihan kepemimpinan yang digelar Badan Kesbangpol Lingga. F-TENGKU IRWANSYAH/TANJUNGPINANG POS

LINGGA – Sebanyak 110 orang perwakilan dari Organisasi Massa (Ormas) dan Organisasi Kepemudaan (OKP) di Kabupaten Lingga ikuti latihan kepemimpinan. Pelatihan itu digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Lingga, kemarin. Tujuan pelatihan, untuk memberikan pembekalan agar Ormas dan OKP dapat berperan dalam memberikan kontribusi aktif sebagai mitra pemerintah.

Kepala Bakesbangpol Lingga H Muslim mengatakan, Ormas adalah sebuah bentuk kontrol sosial bagi pemerintah dalam mewujudkan tata pemerintahan yang lebih baik serta mendukung percepatan pembangunan.

”Karena itu, perlu ditingkatkan komunikasi dan harmonisasi antar Ormas dan pemerintah daerah. Sejauh ini, hubungan diantara keduanya itu sudah berjalan dengan normatif,” ujar H Muslim, kemarin. Ia menjelaskan, minat masyarakat untuk berorganisasi sangat tinggi. Hal itu dibuktikan, dengan banyaknya Ormas, OKP serta LSM yang telah berdiri di Lingga.

”Namun masih banyak yang belum mematuhi prosedur dan persyaratan sebuah organisasi profesional. Melalui kegiatan ini, pemerintah mendorong pembenahan hal itu,” ungkapnya. Ia berharap, Ormas di Kabupaten Lingga ke depan lebih baik dan menunjukkan peran dan fungsi kemitraannya dengan pemerintah. Asisten II Bupati Lingga Zainudin Safiri menyampaikan, saat ini pemerintah membutuhakan mitra dalam tujuannya mencapai cita-cita pembangunan. Menurutnya, Ormas merupakan salah satu bagian penting dan strategis. (tir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here