54 Calon Panwas Ikut Tes Tertulis

0
769
TES TERTULIS: Calon anggota Panwaslu Tanjungpinang dan Bintan saat mengikuti tes tertulis di kampus STIE Tanjungpinang, Kamis (13/7). f-andri/tanjungpinang pos

Sebanyak 54 calon anggota Panwaslu Kota Tanjungpinang dan Bintan mengikuti ujian tes tertulis yang digelar di Kampus STIE Tanjungpinang, Kamis (13/7) pagi.

TANJUNGPINANG – DARI 54 bakal calon anggota Panwaslu itu 34 di antaranya dari Tanjungpinang dan 20 orang dari Bintan. Salah satu peserta yang ikut tes ternyata Ketua KPU Bintan Wandra Fadilah. Sebelum ujian tertulis dimulai, panitia pengawas meminta seluruh handphone calon anggota Panwas untuk dimatikan. Kemudian, peserta yang membawa tas disuruhkan di simpan di depan ruang.

Saat ujian tertulis, peserta diberikan waktu sekitar 2 jam untuk menjawab 105 soal pertanyaan. Tes itu sendiri mulai digelar tepat pukul pukul 10.00 dan berakhir pukul 12.00. Ada sekitar 100 pertanyaan yang harus dijawab peserta dengan cara tanda silang. Dan 5 soal lagi berupa essay.

”Kita tidak tahu soal apa saja di dalam lembar pertanyaan tersebut. Karena, tadi amplop soal cokelatnya masih tersegel. Sedangkan, soal dari Bawaslu RI dan Bawaslu Provinsi Kepri,” kata Sekretaris Tim Seleksi Calon Anggota Panwas Zona B, Dr Oksep Adhyanto kepada Tanjungpinang Pos saat mengawasi peserta ujian di ruang Kampus STIE Tanjungpinang.

Sebelumnya, Oksep bersama panitia pengawas lainnya, minta semua peserta ujian tertulis untuk mematuhi tata tertib selama ujian berlangsung. yang dlarang adalah membuka handphone selama ujian, bertanya ke rekan dan dilarang menyontek ke teman sebelah.

”Alhamdulillah. Semua peserta ujian kita telah mematuhi aturan saat ujian berlangsung,” ucap dia. Setelah selesai tes ujian tertulis, Oksep bersama tim seleksi calon anggota Panwas Zona B akan melakukan sidang pleno, yang direncanakan Sabtu (15/7) nanti. Kemudian, hasil pleno akan diumumkan tim seleksi calon anggota Panwas Zona B, Minggu (16/7). Yang lolos akan mengikuti tes wawancara yang akan digelar Jumat (21/7). Saat itu sedang melakukan tes wawancara bagi bakal calon anggota Panwas yang lulus dari ujian tertulis ini,” sebut dia.

Kata dia, tim seleksi calon anggota Panwas Zona B akan melakukan tes wawancara di daerah Anambas dan Lingga, selama dua hari. Waktunya antara Jumat (21/7) hingga Sabtu (22/7) mendatang. Anambas dan Lingga didahulukan karena jarak tempuh menuju dua daerah tersebut memakan waktu yang lama. Selain itu, jeda waktu tersisa untuk mengatur jadwal transportasi yang akan digunakan untuk menuju ke dua daerah tersebut.

”Minggu, 23 Juli itu kita pulang lagi ke Tanjungpinang. lalu pada Senin (24/7) kita melakukan tes wawancara terhadap bakal calon anggota Panwas Bintan dan Tanjungpinang yang lulus dari tes ujian tertulis. Baru, tanggal 25 Juli-nya kita akan umumkan hasilnya semua. Siapa yang bakal menjadi anggota Panwas nanti,” terang dia.

Meskipun belum tau siapa yang lulus. Ia berharap, mekanisme ini bisa melahirkan anggota Panwaslu yang memiliki integritas, kejujuran dan pengetahuan di bidang pengawasan saat berlangsungnya Pemilu nanti. Sehingga, Pemilu ke depan bisa berjalan lancar dan tidak ada hambatan yang tidak diinginkan. Deni, Salah satu peserta ujian tertulis mengaju soal yang disajikan tidaklah sulit. Karena semua soal pertanyaannya hanya bersifat umum saja.

”Tapi, tergantung orang yang sudah pernah memahami tentang Pemilu ya. Kalau menurut saya sih, soal pertanyaannya sangat mudah untuk dijawab. Karena mengenai aturan Pemilu saja,” kata dia.

Pria yang pernah mendaftar bakal calon anggota Panwas Kota Tanjungpinang ini berharap, Panwas yang terpilih nanti memahami aturan Pemilu khususnya di bidang pengawasan. Menurutnya, semua ini peserta yang ikut tes merupakan bakal calon anggota Panwas. ”Pilihlah orang yang paham di dunia pengawasan di Pemilu,” saran dia.(ANDRI DS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here