582 Lulus CPNS KemenkumHAM

0
2150
Peserta CPNS: Peserta CPNS Kemenkum HAM saat akan mengikuti ujian CAT di Hotel Comport, kemarin.f-suhardi/tanjungpinang pos

Januari 2018, Mulai Kerja di Kepri

Sekitar 582 orang lulus menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kanwil KemenkumHAM Provinsi Kepri dan sudah diumumkan lewat website.

TANJUNGPINANG – Humas Kanwil KemenkumHAM Provinsi Kepri, Rinto Gunawan mengatakan, mereka yang sudah dinyatakan lulus dan diumumkan di website KemenkumHAM diperkirakan mulai bekerja, Januari 2018 nanti.

”Sebenarnya makin cepat makin bagus. Tapi perkiraan kita paling Januari 2018 mereka mulai bekerja. Soal gaji, mulai dihitung saat mereka mulai bekerja,” ujar Rinto via ponselnya, Minggu (12/11).

Sebelum masuk kerja, para CPNS ini harus melengkapi berkas terlebih dahulu seperti surat kesehatan, bebas narkoba, legalisir ijazah, surat pernyataan dan lainnya.

Para CPNS ini akan melengkapi data-datanya, Senin-Rabu (13/15 November) di Kantor Kanwil KemenhumHAM Kepri di Senggarang.

Soal penempatanannya, kata Rinto, akan dilakukan sesuai dengan data yang diumumkan sebelumnya. Untuk formasi lulusan SMA sederajat, mereka akan ditempatkan di Lapas.

Baca Juga :  Pro-Kontra Ex-Officio Memanas

Untuk formasi lulusan sarjana, mereka akan ditempatkan di Kantor Imigrasi. Adapun lulusan SMA sederajat, akan ditempatkan di Rumah Tanahan (Rutan) Batam sebanyak 56 orang dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Batam sebanyak 73 orang, Lapas Perempuan Batam 58 orang dan Lapas Khusus Anak sebanyak 48 orang.

Selain di Batam nantinya akan ditempatkan di Rutan Cabang Dabo Singkep, Kabupaten Lingga sebanyak 7 orang. Rutan Tanjungbalai Kariun 8 orang, Lapas Tanjungpinang 43 orang dan Rutan Tanjungpinang sebanyak 19 orang .

Khusus di Kepri, kuota CPNS yang diterima 582 orang baik lulusan SMA sederajat dan sarjana. ”Lulusan sarjana 220 orang dan lulusan SMA sederajat 362 orang,” tambahnya.

Saat pengumuman awal, formasi yang diterima di Kanwil KemenkumHAM Kepri adalah, Penjaga Tahanan, Pembimbing Kemasyarakatan Pertama dan Analisis Keimigrasian Pertama.

Baca Juga :  Korem-Pemprov Cetak Sawah 2.200 Hektar

Yang melamar untuk formasi lulusan SMA sederajat sekitar 4.068 orang. Namun, hanya 3.202 orang yang lolos verifikasi data dan tinggi badan.

Saat ujian Computer Assisted Test (CAT) formasi SMA sederajat, yang lulus sekitar 1.000 orang. Kemudian, mereka mengikuti tes kesamaptaan (fisik). Semua peserta yang ikut tes ini lulus karena masih satu rangkaian penilaian dengan tes berikutnya.

Kemudian, peserta mengikuti tes wawancara dan kemampuan bakat serta minat. Nilai gabungan semua ini menjadi penentu kelulusan mereka. Pengumuman kelulusan dilakukan dinihari, Sabtu lalu.

Rinto berharap, CPNS yang dinyatakan lulus agar melengkapi persyaratan yang diminta. Jika sudah bekerja, maka selalu disiplin. Terlebih, mereka berkemungkinan tidak lulus jadi PNS jika tak lolos pelatihan berikutnya. Soal pelatihan selanjutnya, masih menunggu arahan dari pusat. Tahun ini, KemenkumHAM RI menerima 19.210 CPNS berbagai formasi.

Untuk penginputan data ulang bagi peserta yang lulus CPNS Kementerian Hukum dan HAM, maka :
1. Bagi peserta pemberkasan dengan kualifikasi pendidikan SLTA sederajat : foto kopi ijazah SD dan SMP dapat dilegalisir oleh Dinas Pendidikan dimana saat ini peserta berdomisili.
2. Bagi peserta pemberkasan dengan kualifikasi pendidikan Sarjana/Dokter Umum : foto kopi ijazah SD, SLTP/SMP dan SLTA/SMA sederajat dapat dilegalisir oleh Dinas Pendidikan dimana saat ini peserta berdomisili.
3. Sedangkan foto kopi ijazah sebagai dasar pengangkatan seperti peserta kualifikasi SLTA sederajat maka foto kopi ijazah SLTA sederajat dan peserta sarjana/Dokter Umum maka foto kopi Sarjana/Dokter Umum tetap wajib sesuai lampiran pada Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 11 Tahun 2002.(MARTUNAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here