61% Korban Kecelakaan Generasi Milenial

0
192
Warga membeludak di acara Milenial Road Safety Festival dan pengurusan perpanjangan SIM gratis, Minggu (24/2) di Dataran Engku Putri, Batam. F-martua/tanjungpinang pos
Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto mengatakan, korban kecelakaan di jalan raya didominasi kalangan muda atau generasi milenial.

BATAM – Kapolda mengatakan, jika berbicara angka kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di Kepri tercatat 1.459 kasus tahun 2018 lalu. Dari jumlah itu, 61 persen dialami oleh generasi-generasi milenial. Ke depan Kapolda tak ingin generasi milenial penerus bangsa dan negara menjadi korban kecelakaan lalu lintas.

Karena itu, acara Milenial Road Safety Festival (MRSF) yang digelar serentak di Indonesia, Minggu (24/2) kemarin salah satu upaya untuk menyedarkan generasi milenial agar sadar dan patur peraturan berkendaraan.

Gubernur Kepri H Nurdin Basirun juga mengajak generasi milenial untuk menunjukkan sikap yang baik di jalan raya. Mereka harus berlalu lintas dengan baik sesuai aturan.

Kapolda pun mengajak seluruh gerenasi milenial di Kepri untuk sama-sama mengikuti gerakan sadar berlalu lintas tersebut.

”Mari kita sama-sama satukan pikiran. Mari kita tunjukkan pada dunia, tunjukkan kepada Indonesia bahwa Kepri aman, lancar, kondusif dan tidak ada terjadi kecelakaan lalu lintas,” ajak Kapolda di acara MRSF yang digelar di Dataran Engku Putri Batamcenter, Batam, Minggu kemarin.

Andap juga mengatakan, dirinya sangat senang kegiatan MRSF di Provinsi Kepri yang digelar serentak berlangsung aman dan sukses. Bahkan dari jumlah peserta yang hadir, melebihi target. Panitia awalnya menargetkan yang hadir, 60 ribu massa.

”Tapi jumlahnya melonjak hingga sekitar 153 ribu orang. Masyarakat juga antusias dengan jumlah yang mencapai angka 153 ribu,” kata Andap.

Demikian, diingatkan jika esensinya kegiatan itu dimaksudkan untuk menyadarkan masyarakat, khususnya kaum millenial, berkendara dengan aman. Dengan sejumlah kegiatan yang memuat aspek edukasi dalam berkendara, diharapkan intensitas pelanggaran akan berkuruang.

”Sehingga ke depan kasus kecelakaan yang tergolong tinggi di Indonesia, dapat terus diturunkan. Selama ini, kasus kecelakaan yang memakan korban anak muda, banyak memakan korban,” ujarnya.

Pada kegiatan MRSF ini ditampilkan juga personel Polri yang melakukan atraksi terjun payung, dari ketinggian sekitar 500 meter.

Ada juga komunitas motor dan mobil se-Kota Batam yang turut ambil bagian dalam kegiatan itu. Sementara ada beberapa artis ibukota yang mengisi acara, Rossa atau akrab dipanggil Ocha dan selegram yang sedang naik daun dengan membawakan karakter anak Medan, Maell Lee.

Gubernur Kepri H Nurdin Basirun mengajak masyarakat Kepri untuk menyatukan niat memajukan Indonesia. Generasi muda harus berada di posisi terdepan untuk membuat negeri ini semakin maju.

”Kalau kita bersatu seperti ini bukan mustahil kita akan bisa membangun Kepri dan Indonesia tercinta semakin baik lagi,” kata Nurdin.

Rangkaian MRSF ini mengusung tema ‘Generasi Milenial harus Pptimis Terus Berkarya, Berinovasi dan Bekreasi’. Selain di Dataran Engku Putri, aktivitas serupa juga dilaksanakan di seluruh Kepri seperti Gedung Daerah Tanjungpinang.

Pada acara yang dihadiri ratusan ribu masyarakat seluruh Kepri itu di Engku Putri hadir juga Wakil Gubernur H Isdianto. Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budi Revianto dan Wakapolda Brigjen Pol Yan Fitri Halimansyah langsung memimpin festival ini.

Hadir juga Kajati Kepri, Danlantamal, Guskamla mabar, Danrem 033/WP, Kepala BNN Kepri, Kabinda Kepri, Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak, Wali Kota Batam H Muhammad Rudi, Ketua DPRD Batam Nuryanto dan masyarakat yang menyemut di seputaran Engku Putri.

Sementara di Gedung Daerah Tanjungpinang, hadir Sekdaprov H TS Arif Fadillah berserta sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Hadir juga Kapolres Tanjungpinang Ucok L Silalahi dan masyarakat Tanjungpinang.

Nurdin mengatakan, generasi muda Kepri harus optimis semangat dan pantang menyerah untuk mewujudkan Indonesia yang semakin hebat. Generasi milenial bisa membuat Indonesia gemilang
”Generasi milenial Kepri punya kompetensi, berdaya saing dan memberi kontribusi untuk membangun Kepri dan Indonesia,” kata Nurdin.

Antre Perpanjangan SIM Gratis Mengular
Warga Batam yang hadiri di acara Milenial Road Safety Festival (MRSF) yang digelar Polda Kepri di Batam membeludak.

Diperkirakan, puluhan ribu warga yang tumpah, menyaksikan dan mengikuti sejumlah kegiatan yang digelar. Mereka terlihat antusias menyaksikan kegiatan terjun payung, hingga menonton penampilan para artis ibu kota yang hadir di atas panggung.

Tidak kalah menarik, antrean mengular terjadi di pos pengurusan perpanjangan SIM gratis yang berlangsung di Engku Putri.

Antrean terlihat di pos perpanjangan SIM yang digratiskan Polda Kepri untuk SIM A dan SIM C. Sesuai dengan ketentuannya, maka pemilik SIM, wajib menunjukkan SIM lama yang masih hidup untuk diperpanjang, kepada petugas. Selanjutnya, petugas akan memberikan formulir untuk kemudian mengikuti tes kesehatan.

Hingga akhirnya, pos pengurusan perpanjangan SIM gratis itu berhasil memecahkan rekor MURI. Rekor MURI diraih untuk kategori jumlah perpanjangan SIM terbanyak dalam satu hari, saat hari libur.

Manajer MURI, Ridho Alamin, dari atas panggung, sebelum menyerahkan piagam MURI mengakui, mereka melakukan verifikasi terhadap pelaksanaan perpanjangan SIM di tujuh kawasan yang menggelar MRSF di Kepri.

”Sudah ada lebih dari 1.000 orang yang mendapatkan layanan perpanjangan SIM secara gratis ini. Angka ini merupakan yang tertinggi di Indonesia bahkan di dunia. Selama ini belum ada yang mencapai jumlah ini, kita hitung sudah lebih dari 1.000,” katanya.

Sementara Kapolda Kepri, Irjen Pol Andap Budhi Revianto, mengaku kaget dengan capaian layanan perpanjangan SIM terhadap masyarakat Kepri ini.

”Masyarakat sangat antusias dan kami sangat mengapresiasi. Semoga ke depan mendorong masyarakat untuk menjalankan dan memenuhi kewajibannya. Kita gelar kegiatan ini untuk mendorong masyarakat, sadar atas kewajiban dalam berkendara,” harapnya.(MARTUA-MARTUNAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here