61 Ribu KTP-el Selesai Dicetak

0
360
Amsakar

BATAM – Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mengungkapkan, saat ini ada sebanyak 61 ribu KTP-el di Batam sudah selesai. KTP-el sebanyak itu untuk tujuh kecamatan di Batam yang sdah antre sejak sebelum 2017. Keberadaan KTP-el itu diharap dapat mendukung pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden pada April 2019 mendatang. Karena pada pemilu mendatang, pemilih harus memiliki KTP-el sebagai syarat pencoblosan.

”Dari informasi yang saya terima, 61 ribu keping KTP-el sudah selesai dicetak. Tujuh kecamatan sudah selesai, tersisa lima kecamatan lagi,” kata Amsakar.

Diakui banyak masyarakat yang bertanya kapan KTP-el mereka selesai dicetak. Karena itu Pemerintah Kota Batam melalui Disdukcapil terus berupaya mempercepat proses pencetakan KTP-el. ”Kita kebut. Kami targetkan Mei ini seluruhnya bisa selesai,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kota Batam, Said Khaidar mengungkapkan saat ini pihaknya tengah mengebut pencetakan 16 ribu KTP-el yang didapat pekan lalu. Blangko ini akan digunakan untuk cetak KTP-el masyarakat Sagulung dan Batam Kota.

Sebelumnya, Said Khaidar mengatakan, 60 ribu blanko KTP-el, untuk memenuhi kebutuhan pencetakan KTP-el di enam kecamatan. ”Enam kecamatan kan sudah siap. Sisa enam lagi,” kata Said.

Adapun enam kecamatan yang belum selesai pencetakan KTP-el yaitu Sekupang, Seibeduk, Sagulung, Bengkong, Batam Kota, dan Lubukbaja. Jumlahnya lebih dari 60 ribu KTP. Sedangkan untuk kecamatan lain, seperti Batuaji, akan dirampungkan minggu ini. Dan segera didistribusikan guna mengajukan tambahan blangko ke pusat. Sesuai aturan dari Kementerian Dalam Negeri, pengajuan permintaan blangko bisa dilakukan pemerintah daerah setelah blangko sebelumnya selesai cetak.

”Jika sudah selesai cetak, kami langsung lapor. Nanti diminta untuk menjemput blangko lagi,” kata dia.

Ia berharap Batam bisa mendapat blangko dalam jumlah yang lebih banyak dari sebelumnya. Menurut Said, terakhir Disdukcapil Batam menerima tambahan 20 ribu blangko yang dialokasikan untuk tiga kecamatan. ”Kalau bisa langsung dikasih 60 ribu. Biar semua selesai,” ujarnya.(MARTUA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here