65 Kapal Siap Layani Arus Mudik Lebaran

0
305
Kepala KSOP Tanjungpinang Aprianus memeriksa pasukan pengamanan mudik di Pelabuhan Sribintan Pura, Kamis (31/5). f-andri/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Sebanyak 65 kapal disetiapkan oleh operator pelayaran di Pelabuhan Sribintan Pura Tanjungpinang, untuk melayani arus mudik lebaran. Terdiri dari 48 kapal akan melayani arus mudik lebaran antar pulau di Kepri. Dan 17 kapal akan melayani arus mudik yang ke Singapura dan Malaysia (PP).

”Kita sudah koordinasi dengan para operator kapal di Tanjungpinang. Intinya, mereka (operator kapal, red) siap menambah kapal, apabila terjadi lonjakan penumpang nantinya. Ada yang sudah siapkan dua hingga tiga kapal untuk mengatasi terjadinya lonjakan penumpang di pelabuhan nantinya. Total kapal disiapkan ada 65 kapal,” kata Kepala Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang, Aprianus Hangki, usai memimpin apel menyambut lebaran di halaman parkiran Pelabuhan Sribintan Pura Tanjungpinang, Kamis (31/5).

Aprianus Hangki berprediksi arus mudik baru akan kelihatan di Pelabuhan Sribintan Pura Tanjungpinang pada tanggal 8, 9 dan 10 Juni nanti. Dilihat kondisi seperti itu, bakal terjadi lonjakan penumpang. Pasalnya, pemerintah sudah menetapkan libur lebaran pada tanggal 11 Juni 2018. ”Kita prediksi kenaikan penumpang nanti pada H-3,” ucap Hangki.

Disamping itu, Hengki berharap, operator kapal untuk tidak membawa penumpang melebih dari kapasitas kapalnya. Misalnya, kapasitas kapalnya hanya 100 tempat duduk. Tetapi, operator kapal membawa lebih dari 150 penumpang. ”Ini tidak boleh. Bawa penumpang sesuai kapasitas kapal. Kita tetap akan cek, pada saat kapal ingin meninggalkan pelabuhan Tanjungpinang,” terangnya.

Selain itu, ia juga berharap kepada masyarakat untuk tidak memaksa dirinya masuk ke dalam kapal yang sudah melebihi kapasitas tempat duduk. ”Jangan dipaksa, operator kapal kita tetap melayani hingga mengantarkan masyarakat ke tujuan. Agar masyarakat bisa lebaran bersama keluarganya di kampung halaman. Saya juga berharap jangan membawa barang-barang banyak,” sebut dia. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here