650 Calon Mahasiswa Lulus SNMPTN di UMRAH

0
2700
OSPEK: Calon mahasiswa baru sedang mengikuti masa Ospek atau perkenalan terkait Kampus tahun lalu. F-ADLY HANANI/TANJUNGPINANG POS

90 Persen Berasal dari Kepri

TANJUNGPINANG – Ada sekitar 650 calon mahasiswa baru yang lulus mendaftar melalui melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Peguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2017 di Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH).

Koordinator Humas Panitia SNMPTN 2017 UMRAH, Budi Primulia, menuturkan, peserta dinyatakan lulus setelah melalui tahapan seleksi. Jumlah peserta yang mendaftar sekitar 1.864 orang atau tiga kali lipat dari kuota yang tersedia.

Proses seleksi berdasarkan prestasi akademik selama calon mahasiswa menempuh pendidikan SMA sederajat dari semester pertama hingga lima sebelumnya.

”Jumlah yang lulus 650 orang dan telah tersebar di 19 jurusan di UMRAH yang dipilih sewaktu pendaftaran online,” ujar kepada Tanjungpinang Pos, belum lama ini.

Baca Juga :  STAI Miftahul Ulum Perkuat TIK Lewat Workshop

Untuk diketahui, hampir 90 persen calon mahasiswa yang lulus melalui jalur undangan atau SNMPTN berasal dari Kepulauan Riau (Kepri), sedangkan 10 persen lainnya tersebar dari berbagai provinsi di Indonesia seperti Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Kalimantan Barat, Banten, Jawa tengah, Jawa Timur hingga Sulawesi Selatan. Bahkan, ada yang dari Nusa Tenggara Barat (NTB).

”Pengumuman resmi telah diumumkan panitia pusat melalui http://pengumuman.snmptn.ac.id yang dapat diakses oleh seluruh peserta mulai Rabu, 26 April 2017 sejak pukul 14.00 WIB,” jelasnya.

Setelah pengumuman lulus, calon mahasiswa harus mengikuti tahapan berikutnya, yaitu melakukan unduh borang-borang yang disyaratkan melalui laman www.umrah.ac.id, pada bagian pengumuman untuk melengkapi berkas verifikasi berkas nilai rapor.

Baca Juga :  KUA Toapaya Bantu Program KKN STAIN-SAR

Juga penentuan Jumlah Uang Kuliah Tunggal (UKT) berdasarkan kondisi keuangan keluarga calon mahasiswa, dan berkas bagi pelamar beasiswa bidikmisi.

”Berkas yang disyaratkan dapat dikirim melalui jasa kantor pos atau diantar sendiri ke UMRAH, paling lambat tanggal 3 Mei 2017,” ungkapnya.

Pendaftaran ulang dan pembayaran uang kuliah bagi peserta yang lulus tahap verfikasi akan dilaksanakan pada hari Selasa, (16/5) di Auditorium Kampus UMRAH Dompak.

Sedangkan pendaftaran melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Peguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) menggunakan Paper Based Testing (PBT) dan Computer Based Testing (CBT) sudah dibuka sejak 11 April sampai 5 Mei mendatang.

Baca Juga :  Unjuk Gigi Di Lomba Robot Nasional.

Pendaftaran dilakukan juga secara online. Khusus pendaftar CBT akan dibagi jadi 2 tahap yaitu tahap pertama mulai 11 April pukul 08.00 WIB sampai dengan 25 April pukul 23.59 WIB atau tanggal sebelumnya sampai kuota tahap pertama habis.

Tahap kedua mulai 26 April 08.00 WIB sampai dengan 5 Mei pukul 23.59 WIB. Ujian PBT dan CBT dilaksanakan Selasa, (16/5) dan ujian keterampilan, Rabu, (17/5) dan/atau Kamis, (18/5). Pengumuman kelulusan SBMPTN, Selasa, (3/6) mendatang. Sedangkan penerimaan jalur Mandiri jadwalnya akan segera diumumkan UMRAH. (abh)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here