695 Kepala Keluarga Dapat Bantuan

0
362
BUPATI Anambas Abdul Haris SH foto bersama dengan warga usai menyalurkan bantuan KPM Kecamatan Siantan.. F-ISTIMEWA

ANAMBAS – Sebanyak 109 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kecamatan Siantan mendapatkan bantuan sebesar Rp1.890.000 per KK tiap tahunnya. Bantuan ini merupakan program Keluarga Harapan (PKH), dari Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Pemberian bantuan tersebut dilakukan per triwulan sekitar Rp 500 ribu, karena setiap bulannya mendapatkan Rp 166.000.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis, oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) Abdul Haris SH.

Menariknya lagi, minimnya pengetahuan warga penerima bantuan membuat Bupati mesti turun langsung menjelaskan kepada masyarakat tentang mekanisme penyaluran bantuan.

”Bantuan ini diberikan apabila didalam KK tersebut terdapat lansia, dan penyandang disabilitas berat yang aktivitasnya mesti dibantu oleh orang lain,” kata Haris, usai menyerahkan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kementrian Sosial Aula Pertemuan Masyarakat Siantan (BPMS), Senin (26/2).

Untuk di seluruh Anambas, tambah Haris, terdapat 695 KK yang mendapatkan bantuan yang tersebar diseluruh kecamatan yang ada.Angka tersebut dapat bertambah karena pihaknya terus mengusulkan kepada kementerian.

”Bantuan yang diberikan ini adalah data yang diinput pada tahun lalu, dan pada tahun ini kembali diusulkan penambahan penerima bantuan,” jelasnya.

Pada tahun 2018, lanjut Haris, ada perubahan dalam penyaluran bantuan, sebelumnya bantuan diberikan secara tunai, namun pada tahun ini diberikan melalui non tunai dengan di transfer melalui rekening masing-masing penerima.

”Untuk penerima bantuan telah disiapkan rekening sendiri, pembuatan rekening semuanya ditanggung oleh pihak Bank BRI, bank yang ditunjuk sebagai penyalur bantuan,” tambahnya.

Penerima bantuan sambung dia, tidak dapat diwakilkan kepada yang lain dan harus mengambil sendiri. Menurut Haris, bantuan tersebut telah diberikan sejak Desember 2016 silam dan telah berjalan hingga saat ini.

”Apabila penerima berhalangan hadir maka tim akan datang ke kediamannya untuk menyerahkan bantuan,” tukasnya. (end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here