7.850 Warga Miskin Terima Beras Bantuan

0
697
BERAS: Beras dalah kebutuhan pokok. Nampak salah satu penjual beras di pasar. f-DOKUMENTASI/TANJUNGPINANG POS

Dinsos Salurkan Rastra 

KARIMUN – DINAS Sosial (Dinsos) Pemkab Karimun sudah menyalurkan beras sejahtera (Rastra) triwulan pertama tahun 2017 di 12 Kecamatan.

Jumlah total penerima Rastra di 12 kecamatan tersebut, capai 7.850 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Penyaluran Rastra tersebut, bekerjasama dengan Forum Bulog dan Pemkab Karimun secara manual dan dilakukan secara tunai untuk pengambilan beras dengan harga Rp 1.600 per kilogram.

Dan untuk alokasi bagi KPM yang menerima Rastra setiap bulannya, hanya dipatok sebanyak 15 kilogram untuk setiap KPM.

Kepala Dinsos Pemkab Karimun Panji Sasmita menjelaskan, jumlah KPM pada tahun lalu sedikit berkurang dan pada triwulan pertama ini sudah kita salurkan kepada penerima Rastra, mencapai 45 kilogram untuk satu triwulan dari bulan Januari, Februari dan Maret.

”Apabila dibanding dengan tahun 2016 lalu, Karimun mendapatkan Rastra sebanyak 8.579 KPM dan di tahun 2017 terjadi penurunan 729 KPM atau hanya 7850 KPM,” jelas Panji Sasmita, Jumat (21/4).

Data tersebut, sesuai dengan nama dan alamat yang penetapan jumlah penerima Rastra dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial.

”Jadi tahun ini sistemnya masih manual, dan belum bisa diterapkan dengan sistem elektronik atau e-warung yang sarana dan fasiitasnya belum dapat dipenuhi oleh pusat,” terangnya.

Ia melanjutkan, jika direalisasikan e-warung tidak semuanya dapat dipenuhi kebutuhan masyarakat.

Mengingat, yang disediakan oleh Pemerintah Pusat saat ini hanya beras. Selebihnya, seperti minyak goreng, gula maupun tepung belum dapat dipastikan dan letak geografis Kabupaten Karimun banyak pulau-pulau.

”Intinya tergantung Pemerintah Pusat. Dan tahun ini dari Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa merubah istilah beras miskin (raskin) menjadi beras untuk keluarga sejahtera (rastra),” ungkapnya.(ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here