7 Nama Calon Komisioner KPI Sudah di Meja Gubernur

0
1210
RAKER: Widiastadi Nugroho (kanan) saat mengikuti raker. f-istimewa

DOMPAK – Gubernur Kepri H Nurdin Basirun mengatakan dirinya masih melakukan seleksi terhadap sembilan nama calon komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPID). Sembilan nama hasil seleksi dari DPRD Kepri itu sudah berada di meja kerjanya sejak beberapa hari lalu.

”Dari sembilan orang, kita mencari tujuh orang yang lebih berkompeten. Karena memang harus tujuh anggota Komisioner KPID,” tegas Nurdin, kemarin.

Sebelumnya, Selasa (24/10) lalu, Komisi III DPRD Kepri telah berhasil, menyelesaikan seluruh rangkaian uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) seluruh calon komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPID). Awalnya ada 18 calon ditanyakan visi misi, harapan, hingga motivasi menjadi komisioner KPID Kepri lima tahun ke depan.

Baca Juga :  Pungli Hambat Pembangunan

Ketua Komisi III, Widiastadi Nugroho mengatakan mengatakan bahwa pihaknya telah menggelar pleno untuk memutuskan tujuh nama dari 18 nama. Nama tersebut sudah diserahkan ke Gubernur. ”Paling lambat dalam minggu ini kami serahkan ke pimpinan untuk segera di SK-kan bagi komisioner KPID yang lulus,” kata Widiastadi.

Adik kandung mantan Wakil Gubernur Kepri HM Soerya Repastiono itu pun, memembeberkan bahwa panitia seleksi (pansel) dalam melakukan penilaian memperhatikan setidaknya lima hal. Pertama adalah penguasaan materi makalah. Selanjutnya adalah penyampaian dan komunikasi calon komisioner.

Baca Juga :  Perkuat Sinergi, Bikin Kepri Makin Berseri

”Yang tak kalah pentingnya mereka harus menguasai peraturan perundangan dan peraturan KPID. Ini penting, karena nantinya mereka akan menjadi pengawas,” kata Widiastadi.

Ia menambahkan bahwa Pansel juga menilai pemahaman komisioner terhadap kelembagaan Komisi Penyiaran Indonesia dan bagaimana penyiaran dalam pembangunan dan pemerintahan. Ia berharap siapapun yang lolos nanti bisa bekerja dengan baik sesuai aturan berlaku. (ais)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here