70 Persen Juara di MTQ Kepri

0
349
GUBERNUR Kepri H Nurdin Basirun memukul bedug saat pembukaan MTQ Tingkat Provinsi Kepri Tahun 2018 di Kabupaten Lingga, Mei lalu. F-istimewa/humas pemprov kepri

Quran Center Batam Pelajar Berprestasi Tingkat Nasional-Internasional

Siswa yang belajar di Quran Center Sekupang, Kota Batam ditempa menjadi pelajar yang unggul di bidang pengetahuan dan ilmu keagamaan. Untuk prestasi keagamaan, lulusan Quran Center banyak yang jadi juara nasional maupun internasional

BATAM – DIREKTUR Quran Center Batam, Mahadi Rahman mengatakan, saat pelaksanaan Musabagah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi Kepri Tahun 2018 di Lingga Mei lalu, sekitar 60-70 persen kafilah yang juara merupakan siswa yang belajar di Quran Center. Utusan kafilah Kepri untuk nasional pun, banyak dari Quran Center.

Saat ini, Quran Center telah mendidik seribuan siswa. Di sana sudah ada Taman Pendidikan Alquran (TPA), SD Quran Center, SMP Quran Center, SMA Quran Center maupun perguruan tinggi.

Siswa yang belajar di sana, berasal dari seluruh kabupaten/kota di Kepri. Ada yang belajar reguler dan ada yang belajar khusus untuk memperdalam ilmu keagamaan Islam. Mereka yang belajar nonreguler banyak yang dikirim dari daerah. Sedangkan siswa yang reguler ada yang tinggal di asrama (boarding school).

Di Quran Center, jelas Mahadi, siswa terus dilatih ilmu keagamaan baik itu hafal Alquran, penafsiran Alquran dan lainnya. Karena itulah, rata-rata siswa Quran Center diturunkan untuk mengikuti perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) baik tingkat kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi hingga tingkat nasional dan internasional.

”Sejak tiga belas tahun lalu, kita sudah menghasilkan siswa yang berprestasi. Banyak yang juara tingkat nasional bahkan internasional,” jelas Mahadi Rahman kepada Tanjungpinang Pos via ponselnya, Senin (4/6) kemarin.

Bagi siswa yang sudah juara nasional, mereka tidak puas merebut juara untuk satu kategori. Mereka terus belajar untuk mengejar prestasi di kategori yang lain. Misalnya, dulu juara di bidang Tilawah, setelah itu mereka mengikuti lomba untuk hafal Quran 5 Juz, 10 Juz hingga 30 Juz.

Kabupaten/kota banyak juga yang mengirim siswa dari daerahnya untuk belajar di sana terutama menjelang pelaksanaan STQ maupun MTQ tingkat kabupaten/kota dengan harapan bisa mengharumkan nama daerahnya masing-masing.(MARTUNAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here