70 Ribu Pekerja Tak Terdaftar di BPJS

0
503
SEJUMLAH pekerja di Batam berbincang bersama teman-temannya. F-dok/tanjungpinang pos

BATAM – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Batam menjalin kerja sama dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Batam.

Kerja sama ini mensyaratkan perusahaan yang ingin mengajukan izin baru atau perpanjangan untuk mengurus kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

”BPJS Ketenagakerjaan akan menempatkan personel di MPP (Mal Pelayanan Publik). Jadi perusahaan yang akan mengurus izin usaha tapi belum lengkap syarat kepesertaan karyawannya, bisa langsung proses pendaftaran BPJS di MPP,” kata Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Batam Nagoya, Surya Rizal.

Baca Juga :  Gadaikan BPKB, Dapat Modal Usaha dari UMi

Pelaku usaha nantinya akan memperoleh Nomor Pendaftaran Perusahaan (NPP) BPJS Ketenagakerjaan. Sebelum NPP BPJS Ketenagakerjaan dicantumkan, calon investor tidak bisa melanjutkan pengurusan izin perusahaan di DPMPTSP.

Menurut Surya, ada sekitar 290.000 karyawan yang bekerja di berbagai perusahaan di Batam. Namun yang sudah terdaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan baru sekira 220.000 karyawan. ”Artinya masih ada sekitar 70.000-an karyawan yang belum didaftarkan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan oleh perusahaan pemberi kerja. Jumlah ini yang kami targetkan melalui kerja sama dengan DPMPTSP,” kata dia.

Baca Juga :  Qoriah Kepri Sabet Juara II Dunia

Kepala DPMPTSP, Gustian Riau mengatakan, kehadiran BPJS Ketenagakerjaan di MPP menambah kelengkapan pelayanan perizinan. Dan tentunya akan semakin mempermudah calon investor dalam pengurusan izin usaha.

Keikutsertaaan perusahaan sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan akan dilampirkan di awal pengurusan izin usaha. Khusus perusahaan yang akan memperpanjang izin, maka mereka harus melampirkan keterangan bahwa karyawan perusahaannya adalah peserta BPJS Ketenagakerjaan.

”Sudah dimulai hari ini, siapa pun yang ingin berinvestasi di Kota Batam, perusahaan tersebut harus ikut dalam kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, perusahaan yang memiliki izin khusus penanaman modal wajib terdaftar dalam program BPJS Ketenagakerjaan,” ujarnya. (mbb)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here