700 Pegawai Bolos

0
462
Rapat: Rudi menggelar rapat mendadak usai apel bulanan di Engku Putri, kemarin. f-martua/tanjungpinang pos

Ada ASN Nyambi Jadi Pengusaha

BATAM – Sekitar 700 orang pegawai Pemko Batam dinyatakan absen atau bolos saat apel yang digelar awal bulan ini. Pegawai yang absen diminta diberikan sanksi. Jika tidak ingin jadi pegawai Pemko Batam, diminta untuk jujur dan besar hati membuat surat pengunduran. Salah seorang ASN di lingkungan Pemko Batam diakui sudah mengambil langkah itu.

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, Senin (2/10) di Batam, usai apel bulanan, mengungkapkan hal itu, merespon intruksi Wali Kota Batam, HM Rudi saat apel, karena banyaknya pegawai Pemko, baik ASN dan THL yang absen saat apel. Sementara, banyak pegawai Pemko yang sudah mendapat perigatan keras. Sehingga diimbau, jika tidak jadi pegawai, agar mengundurkan diri.

”Tidak apa, mundur saja. Baru satu bulan lalu, ada pegawai yang dipecat dan dia datang. Dia menyadari kesalahannya. Jadi bilang, pak saya datang bukan minta (kembali). Dia bilang, saya datang mengklarifikasi. Saya tidak mau jadi pegawai, karena ada bisnis travel,” cerita Amsakar.

Menurut Amsakar, pegawai Pemko yang sudah mendapat peringatan sudah banyak. Hanya saja, sanksinya berbeda-beda. Mulai teguran, peringantan hingga pemecatan. Termaksud sanksi bagi yang tiga kali secara berturut-turut tidak hadir apel awal bulan.

”Peringatan keras. Kalau absenya selang-selang, sanksinya beda. Tapi kalau ada alasan-alasan (absen), sulit juga disikapi. Banyak sekali yang sudah surat peringatan,” beber Amsakar.

Hal itu disampaikan Amsakar, menyikapi apel pagi itu yang dipimpin Wali Kota Batam, HM Rudi. Saat baru naik pangggung untuk menyampaikan arahan, Rudi mengungkapkan, sekitar 700 orag tidak hadir apel. ”Hampir 20 persen (tidak hadir). Itu apel pagi saja. Belum yang tidak masuk (setelah absen apel),” kata Rudi.

Rudi meminta agar BKD mencari permasalahan sehingga banyak yang tidak apel pagi. ”Minta dicari permasalahannya. Sudah saya tekankan, bagi yang 700 tak hadir, disampaikan sanksi. Kalau sudah berapa kali (absen), kita bebaskan saja. Mungkin sudah tidak cocok jadi ASN,” tegas Rudi.

Demikian, jumlah peserta apel, mengalami peningkatan dibanding apel bulan lalu. Pegawai Pemko Batam yang tidak ikut apel kata, Kepala BKD Batam, Syahrir hampir setengah. (MARTUA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here