72 Orang TKI Diamankan Aparat

0
664
Para TKI ilegal yang diamankan di Polres Barelang, Kamis (3/5).f-istimewa

BATAM – Sebanyak 72 orang TKI ilegal diamankan aparat kepolisian bersama satu orang koordinator. Menurut Kasatreskrim Polresta Barelang, Kompol Andri, 72 orang TKI ilegal itu diamankan di pelabuhan tikus di wilayah Nongsa, sekitar pukul 02.00 WIB, dini hari, Kamis (3/5). Mereka tiba di perairan Nongsa, menggunakan pompong, dari Malaysia.

Para TKI diamankan setelah turun dari pompong dan berjalan dalam air setinggi dada, sebelum diamankan kepolisian yang sudah menunggu. ”Mereka amankan dan saat ini sedang didata dan minta keterangan,” jelas Andri.

Baca Juga :  Pasar Second Aviari Terbakar

Saat ini jajarannya sedang memburu para pelaku, termaksud tekong, yang bertanggung jawab atas pemulangan TKI secara ilegal. Aparat kepolisian diakui sudah terjun kelapangan untuk mencari pelaku. ”Tekongnya kabur, tim kita masih mencari tekong dan semua yang terlibat dalam hal ini,” tegasnya.

Sementara, untuk TKI ilegal yang diamankan, akan dipulangkan ke kampung halaman masing-masing. Saat menunggu pemulangan, para TKI ilegal itu akan diserahkan ke Dinas Sosial Batam. ”Kita akan serahkan ke Dinsos, setelah didata dan diperiksa. Nanti akan kita koordinasikan sebelum diserahkan,” sambungnya.

Baca Juga :  Inisiasi Lahirnya PGRI Smart Learning

Kepada wartawan, seorang TKI ilegal, Zaenab (39), mengaku mereka dari Malaysia menuju perairan Nongsa. Mereka tiba di pelabuhan tikus di kawasan Nongsa. Para TKI diakui menggunakan pompong dengan jalur ilegal. ”Saya di Malaysia kerja bareng suami, di restoran,” jelasnya.

Zaenab dan rekan-rekannya terpaksa pulang, lewat jalur ilegal karena paspor yang di milikinya sudah lama mati. (mbb)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here