72 SSB Bersaing di Aqua DNC Zona Kepri

0
1056
PELATIH SSB Bintan Muda, bersama pemainnya saat mengikuti turnamen Aqua DNC 2017, di Palembang. Liga ini kembali digulir pada tahun 2018, yang diawali kompetisi di zona Kepri, Sabtu (20/1) ini, di McDermott, Batam.f-istimewa

TANJUNGPINANG – SEBANYAK 72 Sekolah Sepak Bola (SBB) akan bersaing di liga Aqua Danone Nations Cup (DNC) 2018 kelompok U-12, zona Provinsi Kepri, Sabtu (20/1) sampai dengan Minggu (21/1) ini. Empat tim U-12 SSB terbaik akan melanjutkan pertandingan di regional Sumatra Utara.

Dari 72 SSB yang mengikuti Aqua DNC 2018 kelompok U-12, zona Provinsi Kepri ini, Kabupaten Bintan mengutus empat (4) SSB. Selain itu, 5 SBB dari Kabupaten Karimun juga ambil bagian dalam kompetisi sepak bola bergengsi ini. Sedangkan sisanya, 63 SSB berasal dari Kota Batam. Sementara, Kota Tanjungpinang dan tiga kabupaten lainnya di Kepri, tidak ambil bagian dalam kompetisi tahunan ini.

Kompetisi Aqua DNC 2018 zona Kepri, akan dilaksanakan di lapangan McDermott, Kota Batam. Laga penyisihan yang diikuti 72 SSB ini dimulai sejak Sabtu (20/1) pagi sampai sore. Kemudian, babak sistem gugur sampai ke final dilaksanakan, sejak Minggu (21/1) pagi, di lapangan yang sama.

Baca Juga :  Rakernas III SMSI Digelar di Jakarta

Empat SSB terbaik di zona Kepri, akan melanjutkan pertandingan di regional Sumatra Utara (Sumut), dari 11 regional se-Indonesia. Di regional Sumut ini, empat masing-masing SSB dari provinsi yang bertanding berasal dari Sumatra Utara selaku tuan rumah, Sumatra Barat, Riau, Kepri dan Bangka Belitung. Sedangkan Aceh, ditetapkan regional tersendiri.

Selanjutnya, tim yang juara di 11 regional, akan bertanding di tingkat nasional. SSB yang menjuarai Aqua DNC di tingkat nasional, akan mewakili Indonesia di Piala Dunia Aqua DNC 2018, di Rusia.

Baca Juga :  FKPT dan BNPT Monitoring Peran Warga dalam Pencegahan Terorisme

”Untuk SSB di Bintan, ada 4 SSB yang akan ikut bertanding di Aqua DNC zona Kepri,” kata Andiro Andi, pelatih SSB Racing Klub Toapaya, Rabu (17/1) kemarin.

Menurut Andi, tim U-12 (kelahiran 2006-2007) Racing Klub Toapaya sudah mempersiapkan diri, sejak beberapa bulan terakhir. Karena, liga Aqua DNC merupakan kompetisi rutin. Latihan murid SSB Racing Klub, tiga kali seminggu.

”Insya Allah, kami berangkat ke Batam, Jumat (19/1) besok. Untuk keberangkatan, kami menggunakan dana swadaya dari orangtua murid (pemain),” ujar Andiro Andi.

”Selain Racing Klub, SSB yang ikut dari Kabupaten Bintan itu SSB Tunas Muda Kelong, Bintan Muda dari Bintan Timur, dan Bintan United dari Kecamatan SKL. Sayang, dari Tanjungpinang belum ada SSB yang ikut,” sebut Andi.

Baca Juga :  GBA dan Lobindo Kantongi Izin dari Pusat

Bintan Muda
Tahun 2017 lalu, SSB Bintan Muda asal Kabupaten Bintan lolos di zona Kepri bersama tiga SSB asal Batam. SSB Bintan Muda dan perwakilan Kepri lainnya mengikuti kompetisi regional di Sumatra Selatan (Palembang). Namun, SSB asal Kepri belum lolos ke tingkat nasional.

”Tahun ini, kami akan berusaha maksimal, semoga lolos ke regional dan level nasional,” kata Aris Yulianto, pengelola SSB Bintan Muda. (YUSFREYENDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here