75 Mahasiswa Jadi Sukarelawan

0
545
PARA relawan sejati BEM-UMRAH foto bersama dengan masyarakat usai menggelar Pengabdian Masyarakat di Desa Penao, Bintan, Minggu (8/4). F-istimewa

BEM UMRAH Laksanakan Pengabdian Masyarakat di Bintan

Sebanyak 75 mahasiswa-mahasiswi Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang melaksanakan misi pengabdian ke masyarakat di Desa Penao Bintan. Mereka juga menjadi sukarelawan melakukan kegiatan sosial dan mengajar.

BINTAN – KEGIATAN ini dilakukan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Kampus Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang yang digelar selama tiga hari di Kecamatan Teluk Sebong. Kegiatan itu dilaksanakan mulai, Jumat (6/4) hingga Minggu (8/4).

Misi pengabdian ke masyarakat itu merupakan program kerja dari Menteri Pengabdian Masyarakat Kabinet Tuah Maritim. Dalam pelaksanaannya, sebanyak 75 mahasiswa/mahasiswi turut serta dalam misi tersebut dengan membentuk sukarelawan (Volunteers).

Kedatangan para volunteers sejati itu disambut hangat oleh warga sekitar dan beberapa tokoh masyarakat serta anak-anak sekolah SDN 011 Teluk Bintan. Tujuannya pembentukan sukarelawan ini untuk meningkatkan kepedulian sosial mahasiswa dengan melakukan pendekatan langsung kepada masyarakat.

Sedangkan mahasiswa/mahasiswi yang turut serta dalam misi pengabdian masyarakat ini berasal dari berbagai jurusan dan semester yang berbeda. Kartina Devi selaku Menteri Pengabdian Masyarakat BEM-UMRAH menjelaskan, bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan rutin di desa-desa yang membutuhkan bantuan dari mahasiswa/mahasiswi kampus tersebut.

”Program misi pengabdian masyarakat ini sifatnya berkelanjutan dan rekan-rekan relawan sejati yang telah mengikuti misi pertama ini akan menjadi alumni dan akan menjadi penyelenggara untuk misi pengabdian berikutnya. Sehingga, ke depannya akan direkrut volunteers sejati yang baru. Seterusnya seperti itu,” ungkap Kartika Devi yang merupakan mahasiswi Prodi Manjemen Fakultas Ekonomi UMRAH.

Ia berharap, dengan cara seperti ini tidak ada lagi mahasiswa yang tidak peduli dengan lingkungan sekitarnya. Eromzi selaku Ketua Panitia Kegiatan ini mengatakan, bahwa misi pengabdian masyarakat merupakan bentuk kongkret dari BEM-UMRAH dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

”Kegiatan ini adalah salah satu peran akademisi dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu mengabdi kepada masyarakat. Saya sampaikan kepada kawan-kawan, bahwa membangun masyarakat kita harus saling bekerjasama. Alhamdulillah kawan-kawan bersemangat menjalankan kegiatan kemarin,” kata Eromzi, Senin (9/4).

Mahasiswa yang akrab disapa Erom ini juga menjelaskan, ada beberapa agenda yang dilaksanakan relawan yang dibagi dalam beberapa kelompok. Diantaranya, misi kegiatan seputar edukasi dan sosial.

”Pada hari kedua, Sabtu (7/4) kami berkoordinasi dengan kepala sekolah dan majelis guru SDN 011 untuk mengisi aktivitas di sekolah. Setelah selesai di sekolah, kita koordinasi dengan para tokoh masyarakat dan pemuda, untuk menggelar kerja bakti di lokasi cagar budaya. Kebetulan di desa ini, terdapat cagar budaya yang perlu lestarikan. Pada malamnya, kami gelar nonton bareng film ‘Alangkah Lucunya Negeri Ini’ bersama masyarakat setempat,” sebut Erom.

Raja Timat selaku tokoh masyarakat di desa tersebut menyampaikan rasa senang, dengan kehadiran mahasiswa/mahasiswi di desanya. Ucapan terimakasih tersebut disampaikannya, pada saat sesi pelepasan dan kepulangan para volunteers.

Ia mengharapkan, agar pertemuan antara dirinya dengan para mahasiswa bukanlah pertemuan yang terakhir. ”Saya mengucapkan ribuan terima kasih kepada anak-anak sekalian, yang sudi datang ke kampung ini dengan menggelar beberapa kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat. Saya mohon maaf tidak dapat memberikan apa-apa. Semoga kebaikan anak-anak sekalian dibalas oleh Allah SWT,” ucap Raja Timat.

Ia pun turut mengundang relawan sejati, untuk dapat hadir dalam memeriahkan acara peletakan batu pertama di sekitar cagar budaya Desa Penao pada Minggu (15/4). Acara pelepasan volunteers sejati, dalam rangka misi pengabdian di Desa Penao berjalan lancar dan ditutup dengan bersalam-salaman dan foto bersama.(ADLY BARA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here