75 Orang Daftar Jadi Balon Bawaslu Kepri

0
731
BERKAS: Tim Seleksi Calon Anggota Bawaslu Provinsi Kepri serius melihat berkas pelamar. f-istimewa

TANJUNGPINANG – Sebanyak 75 orang mendaftar bakal calon (Balon) anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mulai dari 24-30 Juli 2017. Dari jumlah tersebut terdapat 20 persen perempuan. Yang lulus dan terpilih nanti akan menjabat untuk periode 2017-2022 mendatang. ”Alhamdulillah antusias masyarakat untuk melamar menjadi bakal calon anggota Bawaslu Provinsi Kepri sangat luar biasa. Bahkan melebihi target. Yang kita inginkan 24 pelamar, yang mendaftar 75 orang,” kata Sekretaris Tim Seleksi Calon Anggota Bawaslu Provinsi Kepri, Adji Suradji Muhammad kepada Tanjungpinang Pos, Senin (31/7).

Pelamar yang telah melamar atau mengirim berkas ke Tim Seleksi Calon Anggota Bawaslu Provinsi Kepri telah mewakili 7 kabupaten/ kota di Provinsi Kepri kecuali daerah Natuna. Pelamar terbanyak berasal dari Kota Tanjungpinang sebanyak 30 orang, disusul pelamar dari Kota Batam ada 25 orang. Sedangkan dari Kabupaten Bintan sebanyak 10 orang, Kabupaten Lingga sebanyak 5 orang, pelamar dari Kabupaten Karimun sebanyak 4, dan pelamar dari Kabupaten Anambas hanya 1 orang. ”Hanya pelamar dari Kabupaten Natuna saja yang tidak ada,” ucap dia.

Jumlah pelamar membeludak karena sosialisasi yang dilakukan timsel cukup padat dengan melakukan roadshow ke kabupaten/ kota cukup efektif. Padahal, kata dia, di timeline dari Bawaslu RI tidak ada kegiatan sosialisasi dengan mengunjungi ke beberapa kabupaten/ kota di Provinsi Kepri. Sosialisasi dengan model roadshow murni inisiatif timsel dengan pertimbangan geografis Kepri, yang didominasi lautan.

Selanjutnya timsel akan memberikan waktu kepada pelamar untuk melengkapi berkas terhitung sejak 31 Juli hingga 2 Agustus 2017. Perbaikan berkas bagi pendaftar ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada pelamar yang karena kendala teknis dapat melengkapinya. Dengan demikian, maka akan semakin banyak pilihan bagi timsel untuk memberikan rekomendasi nama-nama kepada Bawaslu RI.

Setelah kelengkapan pelamar dipenuhi hingga 2 Agutus 2017 nanti, maka timsel akan memulai memeriksa keabsahan berkas hingga 4 Agustus sampai 5 Agustus. Timsel akan mengumumkan nama-nama pendaftar yang lulus seleksi administrasi. Bagi masyarakat nantinya dapat memberikan tanggapan atas nama-nama yang lulus seleksi administrasi.

Tanggapan dari masyarakat ini akan sangat membantu kerja timsel dalam melacak rekam jejak (track record) pelamar. ”Sehingga timsel dapat meminimalisir kekeliruan dalam mencari ‘manusia manusia setengah malaikat’ dimaksud. Masyarakat bisa langsung datang dan melaporkan ke Kantor Sekretriat Tim Seleksi Calon Anggota Bawaslu Provinsi Kepri beralamat di Asrama Haji Provinsi Kepri, Jalan Pemuda Tanjungpinang. Ini yang kami tunggu laporan dari masyarakat,” sebut dia. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here