8.324 Warga Belum Rekam KTP-el

0
130
MASYARAKAT saat mengantre untuk mengurus administrasi kependudukkan di kantor Disdukcapil. F-TENGKU/tanjungpinang pos

Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lingga mencatat sebanyak 8.324 warga, belum melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elekteonik (KTP-el) di Kabupaten Lingga.

LINGGA – Jumlah tersebut, tersebar di beberapa kecamatan teruama di wilayah pesisir. Sedangkan, total jumlah pendudukan Kabupaten Lingga secara keseluruhan per 1 Mei 2018 yakni 1 mei sebanyak 102.711 jiwa.

Warga yang belum melakukan perekaman tersebut umumnya yang bertempat tinggal di pesisir Lingga. ”Kami menargetkan hingga akhir tahun 2018 warga yang belum melakukan perekaman sudah melakukan perekaman,” kata Kadisukcapil Lingga, Samsudi, kemarin.

Ia menyebutkan, agar mencapai target yang dinginkan maka pihaknya akan turun langsung ke desa-desa melakukan perekaman. Disdukcapil akan menggesa pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) dan perekaman KTP-el untuk turut mensukseskan Pileg dan Pilpres 2019, mendatang. ”Dalam pesta demokrasi tersebut, pemilih wajib memiliki KTP-el,” ucap Samsudi.

Kegiatan jemput bola pelayanan Adminduk dan perekaman KTP-el ke desa hingga ke pesisir tersebut, nantinya akan mendata warga dari yang berusia 15 tahun. ”Kami harapkan saat Pileg atau Pilpres nanti semua masyarakat yang memiliki hak pilih atau berusia 17 tahun pada hari H pemilu dapat memilih dan keikutsertaan masyarakat dalam pesta demokrasi ini lebih tinggi dari sebelumnya,” ujarnya.

Selain itu, dengan dimilikinya KTP-el masyarakat dapat terlindungi dengan memiliki identitas yang lengkap sebagai warga negara. ”Kami memprogramkan untuk turun ke 30 desa/kelurahan. Hal ini juga dilakukan untuk meningkatkan pelayanan,” imbuhnya. (TENGKU IRWANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here