8 Bulan, Seribu TKI Dipulangkan

0
68
Ratusan TKI asal Malaysia saat tiba di Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura Tanjungpinang, belum lama ini. f-DOK/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – Hampir setiap bulan para pahlawan devisi atau Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang ilegal yang bekerja di Jiran Malaysia di pulangkan ke tanah air, melalui Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura (SBP).

Kepala Pos Imigrasi Pelabuhan Internasional Daniel mengatakan, dari awal tahun hingga Agustus ini, sudah ada 1.000 TKI ilegal yang dipulangkan dari Malaysia ke Tanjungpinang.

”Setiap bulannya ada yang dipulangkan dengan jalur mandiri, kalau TKI memang banyak bekerja di Malaysia,” katanya Minggu (26/8).

Daniel menyebutkan, para TKI yang dipulangkan itu rata rata bekerja di bidang berbeda. Seperti pengasuh, kebun dan pelayan restoran. ”Kita sudah memperketat khusus untuk keberangkatan, namun mereka masuk bukan dari pelabuhan Internasional SBP,” sebutnya.

Menurutnya, dipulangkan karena tidak mengantongi izin resmi. Dari jumlah tersebut terdiri dari beberapa golongan usia mulai dari laki-laki dan perempuan dewasa hingga anak laki-laki dan perempuan di bawah umur. ”Dikarenakan tidak mengantongi izin resmi dan tidak memiliki dokumen lengkap,” ujarnya.

Setelah itu seluruh TKI yang dipulangkan ditempatkan di Rumah Pusat Trauma Center (RPTC) di Tanjungpinang. Kemudian, pemerintah daerah bekerjasama dengan pemerintah pusat, para TKI tersebut dipulangkan ke kampung halamannya masing-masing. Biaya untuk memulangkan TKI ditanggung negara. Ia akan terus meningkatkan pengawasan agar tidak ada TKI ilegal masuk dari Tanjungpinang. (ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here