80 Pelajar Belajar Kunjungi Komisi IV

0
756
Belajar sidang: Siswa SMP IT Ulil Albab Batam saat belajar sidang paripurna ke kantor DPRD Provinsi Kepri, kemarin. F-SUHARDI/TANJUNGPINANG POS

DOMPAK – Sekitar 80 pelajar, Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Ulil Albab Sekupang, Batam berkunjung ke kantor Komisi IV DPRD Kepri, Senin (20/11) kemarin. Kedatangan pelajar SMP IT Ulil Albab ini untuk edukasi sekaligus ingin melihat secara langsung aktivitas paripurna anggota DPRD Kepri.

Kedatangan mereka langsung disambut, Dr Afirizal Dachlan, Taufik, Hj Dewi Kumalasari, Syarifah Elvyzana, H Maaz Ismail, serta anggota komisi IV DPRD lainnya. Dalam kesempatan singkat itu, para pelajar tampak tak mau menyia-nyakan kesempatan terbatas tersebut. Saat berdialog bersama anggota Komisi IV, para pelajar ini bahkan tak sungkan-sungkan bertanya apa sesungguhnya tugas pokok anggota DPRD. Bahkan, ada juga yang bertanya, apa yang menjadi hambatan pendidikan di Kepri, jika dibandingkan dengan provinsi lainnya, kemajuan pendidikannya masih sangat jauh tertinggal.

Baca Juga :  Resahkan Warga, Tiga Waria Diamankan

Usai mendengarkan, pemaparan singkat dari Afirizal Dachlan yang mewakili Ketua Komisi Teddy Jun Askara (TJA) menanggapi keingin tahuan para pelajar. Para pelajar yang hampir sebagian besar peserta wanita itu, satu persatu mengacungkan tangan, untuk bertanya kepada perwakilan anggota dewan.

Menurut Afrizal, perlu di ketahui bersama bahwa saat ini Pemprov dan DPRD Kepri tengah menggesa pembahasan Perda Pendidikan. Dengan demikian, lanjut Afrizal, seluruh yang berkaitan dengan pendidikan, tenaga kependidikan diatur perda. Hal itu dilakukan sebagai tujuan agar sistem pelaksanaan Kepri saat ini, bersaing dengan provinsi lainnya di Indonesia.

Baca Juga :  Dragon Boat Race Internasional Siap Digelar Lagi

”Saya sangat mengapresiasi siswa sekolah SMP Ulil Albab ini. Selain memiliki peserta didik yang pintar-pintar, ke depan kita pun berharap, apa yang dilakukan Ulil Albab hari ini bisa jadi panutan sekolah lainnya,” harap Afrizal.

Baginya, Komisi IV memiliki tugas dan wewenang utama mengawasi penyelenggara pendidikan. Selain itu juga dirinya juga secara singkat menceritakan, apa fungsi dan tugas anggota DPRD. Bahkan, sebagai komisi yang membidangi masalah Pendidikan, Afrizal pun menyampaikan, bahwa saat ini Pemprov tengah gencar-gencarnya, membuka kesempatan beasiswa bagi pelajar berprestasi dan hapal alquran.

”Yuk jangan sia-siakan tawaran beasiswa itu,” pesan Afrizal.

Salah satu pelajar, SMPIT Ulil Albab, Aulia mengajukan pertanyaan yang sedikit menohok. Dirinya menyinggung apa saja yang sudah di bangun pemerintah dan bagaimana pengawasan anggota dewan sejauh ini. Tak hanya Aulia, pelajar lainnya seperti Rahmat Farhan juga mengajukan pertanyaan apa yang menjadi penghambat kemajuan pendidikan di Kepri saat ini.

Baca Juga :  Sekwan AKIB Panen Dukungan

Pertemuan berlangsung lancar, tampak ruang komisi IV biasanya sepi dari pengujung pagi itu padat karena hampir kurang lebih 80 pelajar datang memadati. Tidak hanya sampai disitu, para pelajar tersebut juga, tampak mengabadikan proses rapat paripurna KUAPPAS tahun 2018 dari lantai dua gedung pertemuan paripurna DPRD. (ais)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here