80 Persen, Sekolah di Bintan Gelar UNBK

0
207
KADISDIK Bintan meninjau pemasangan jaringan VISAT, di derah pesisir, baru-baru ini.
Pemkab Bintan melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan, kembali menyediakan fasilitas komputer dan jaringan Very Small Aperture Terminal (VSAT), untuk sekolah di daerah pesisir dan pulau kecil, tahun 2019 ini. Tahun 2020 nanti, sekolah di Bintan yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), sudah mencapai 80 persen.

BINTAN – KEPALA Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan Tamsir SSi MSi menjelaskan, Pemkab Bintan terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya pendidikan sekolah dasar dan SMP. Upaya itu dengan memberikan serta memperbaiki fasilitas-fasilitas pendidikan. Seperti merehab ruang kelas, membangun Ruang Kelas Baru (RKB), dan pembangunan ruang laboratorium maupun majelis guru.

Tak hanya fasilitas itu, Dinas Pendidikan Bintan pun membangun infrastruktur berbasis teknologi informasi, menyediakan sarana komputer dan jaringan internet. Sehingga nantinya, SMP yang ada di Kabupaten Bintan dapat melaksanakan UNBK, 100 persen (seluruhnya).

”Pada tahun anggaran 2019 ini, Dinas Pendidikan kembali menerima bantuan VSAT yaitu jaringam internet berbasis satelit, untuk sekolahsekolah yang berada di daerah pesisir dan pulau kecil,” ujar Tamsir SSi MSi, Senin (18/11) kemarin.

Bantuan itu, kata Tamsir, ditujukan kepada 9 SMP yang berada di daerah pesisir dan pulau-pulau kecil. 9 SMP ini sudah dapat melaksanakan UNBK pada tahun 2020 nanti. Sekolah yang sudah dilengkapi sarana komputer dan jaringan VSAT ini antara lain SMPN 14 Bintan di Tambelan, SMPN 18 Bintan di Numbing, SMPN 19 Bintan di Kelong (Bintan Pesisir).

Kemudian untuk SMPN 07 Bintan di Teluk Bintan, SMPN 24 Bintan di Teluk Sebong, SMPN 08 Bintan di Teluk Bintan, SMPN 10 Bintan di Berakit (Teluk Sebong), SMPN 20 Bintan di Pulau Pucung (Gunung Kijang) dan SMPN 27 Bintan di Galang Batang (Gunung Kijang).

Selain itu, Pemkab Bintan, melalui APBD 2019 juga menyediakan sarana komputer dan fasilitas lainya guna mendukung pelaksanaan UNBK tahun 2020. Sekolah yang sudah dapat melaksanakan UNBK mandiri tanpa jaringan VSAT ini ada 13 sekolah.

Yaitu SMPN 1 Bintan, SMPN 2 Bintan, SMPN 3 Bintan, SMPN 4 Bintan, SMPN 5 Bintan, SMPN 6 Bintan, , SMPN 9 Bintan, SMPN 11 Bintan, SMPN 12 Bintan, SMPN 13 Bintan, SMPN 15 Bintan, SMPN 16 Bintan dan SMPN 17 Bintan.

”Sudah 80 persen sekolah di Bintan, yang bisa melaksanakan UNBK tahun 2020 nanti. Sedangkan sisa sekolah yang belum dapat melaksanakan UNBK, ada 7 sekolah. Rata-rata sekolah yang berada di daerah pulau dan pesisir,” ungkapnya.

”Target kita, tahun 2021 akan diberikan bantuan VSAT. Sehingga, tahun 2021 itu sudah bisa mencapai 100 persen, untuk pelaksanaan UNBK di Bintan,” demikian ditambahkan Tamsir. (YUSFREYENDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here