81 Mahasiswa Latihan Manajemen

0
111
Wakil Rektor I UMRAH Prof Rayandra Asyhar foto bersama dosen dan mahasiswa usai membuka pelatihan kepemimpinan manajemen mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Tanjungpinang. f-rendi/humas umrah tanjungpinang

UMRAH Gelar Pelatihan Kepemimpinan

Sebanyak 81 orang mahasiswa-mahasiswi perguruan tinggi mengikuti pelatihan kepemimpinan manajemen. Ilmu yang mereka peroleh nanti merupakan modal dalam meneruskan tongkat estafet kepemimpinan bangsa ini ke depan.

DOMPAK – KARENA itulah, sejak awal para kaum intelektual tersebut harus dibekali. Inilah yang dilakukan pihak Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang melalui Biro Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama (BAKK) menggelar kegiatan Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa (LKMM) Tingkat Pra Dasar Angkatan I Tahun 2019.

Kegiatan tersebut digelar, Rabu-Kamis, 31 Juli sampai 1 Agustus 2019 di Ruang Serbaguna Lantai 3 Rektorat UMRAH, di Pulau Dompak.

Dalam Laporannya, Kepala BAKK UMRAH Tanjungpinang, Ary Satia Dharma, S.Sos, M.Si selaku Ketua panitia pelaksana LKMM menerangkan, ada 3 tujuan utama dari kegiatan LKMM ini.

Pertama, untuk memberikan pengetahuan keterampilan dalam mempersiapkan diri mahasiswa untuk menghadapi kehidupan di masyarakat.

Kedua, membentuk karakter-karakter mahasiswa yang bertanggung jawab. Ketiga, untuk menciptakan generasi yang memiliki kemampuan untuk mengabdikan diri pada masyarakat

Kegiatan LKMM ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor I UMRAH Tanjungpinang, Prof. Dr. rer nat. H. Rayandra Asyhar, M.Si.

Tercatat sebanyak 81 orang menjadi peserta LKMM tersebut. 67 orang merupakan mahasiswa UMRAH yang merupakan perwakilan-perwakilan dari organisasi kemahasiswaan di UMRAH.

Sedangkan 14 orang lainnya merupakan perwakilan mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Kota Tanjungpinang antara lain dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pembangunan.

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Abdurrahman, STAI Miftahul Ulum, Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisipol) Raja Haji, Sekolah Tinggi Teknologi Indonesia (STTI), Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Hang Tuah dan Politeknik Kesehatan (poltekes) Tanjungpinang.

Dalam kata sambutannya saat membuka kegiatan LKMM ini, Prof. Ray (sapaan WR I) menyebutkan bahwa mahasiswa sebagai salah satu kekuatan inti dalam pembaharuan di masyarakat memiliki peran vital dan tanggung jawab yang tidak kecil dalam proses pembangunan nasional dan pembangunan daerah.

Oleh karenanya diperlukan suatu proses untuk membentuk karakter-karakter mahasiswa yang bertanggung jawab, progresif, kreatif, inovatif dan profesional, sehingga nantinya mampu menerima tongkat estafet kepemimpinan bangsa di masa yang akan datang.

”Kami sangat menyambut baik penyelenggaraan LKMM ini karena sebagai salah satu upaya strategis bagi pengembangan soft skill mahasiswa agar dapat menjadi pemimpin bangsa di kemudian hari,” harapnya.

Mengingat pentingnya pelatihan itu, kepada peserta, ia meminta agar mengikutinya secara bersungguh-sungguh agar mendapatkan manfaat yang optimal.

Kepada Panitia penyelenggara, Prof. Ray juga berpesan agar kegiatan LKMM ini dapat diselenggarakan secara berkelanjutan setiap tahunnya, tidak hanya LKMM Tingkat Dasar, akan tetapi juga di Tingkat Dasar dan Tingkat Menengah.

Hadir sebagai Narasumber Prof Rayandra Asyhar, dengan materi Sifat Kritis (Persepsi dan Kesalahan-Kesalahan Berpikir), Agus Sutikno, SP, M.Si (Wakil Rektor II UMRAH) dengan materi Keterampilan Berkomunikasi (Mendengar Aktif dan Berbicara Efektif).

Ary Satia Dharma, S.Sos, M.Si (Ka. BAKK) dengan materinya Pengenalan dan Pengembangan Diri dan Sulyati/Rina Fitrianti yang merupakan pelaku usaha dengan tajuk presentasi Pola Pikir Prestatif (Dasar Konsep Aku dan Sasaran, Risiko dan Konsekuensi). (ADLY ‘BARA’ HANANY – MARTUNAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here