81 Warga Rumah Tahanan Gunakan Hak Pilih

0
44
Kasi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas I Tanjungpinang Harry Suriyadi menyerahkan KTP-el kepada warga binaan khusus warga Tanjungpinang didampingi KPU dan Panwaslu, Senin (25/6). f-raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Sebanyak 81 orang narapidana atau warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Tanjungpinang resmi memiliki hak pilih pada Pilkada 2018 di Tanjungpinang, Rabu (27/6) ini.

Komisioner KPU Tanjungpinang Zulkifli Riawan mengatakan sebelumnya warga binaan di Rutan tidak memiliki KTP namun sudah memiliki data identitas.

”Kami mendapatkan warga binaan di Rutan menggunakan alias dan bin, sehingga belum ada Nomor Kartu Kependudukan (NKK) dan Nomor Induk Penduduk (NIK) dan belum memenuhi unsur untuk dimasukan ke dalam daftar pemilih, pada saat itu kami mengsosialisasikan pilkada ke Rutan,” katanya Senin (25/6).

Lanjutnya, pihaknya bersama Dinas Kependudukan Tanjungpinang dan Rutan berkomunikasi untuk mengakomodir warga binaan yang merupakan warga Tanjungpinang. Kemudian, usulan tersebut direspon pemerintah daerah. Dan, Senin kemarin, KPU didampingi Panwaslu menyerahkan surat keterangan (suket) dan KTP-el bagi warga binaan yang sudah melakukan perekaman di lokasi Rutan.

”Sebanyak 44 orang warga binaan KTP-el dan 37 orang warga binaan yang memiliki Suket sehingga jumlah seluruhnya 81 warga binaan,” ujarnya

Menurutnya, sebelumnya KPU Tanjungpinang menerima data dari Rutan sebanyak 165 warga binaan merupakan warga Tanjungpinang. Tetapi setelah dilakukan pemeriksaan dan pendataan ternyata yang bisa memenuhi unsur hanya 81 warga binaan.

Tetapi sangat disayangkan karena tidak ada di Rutan ada TPS karena penentuan sebelum daftar pemilih ditetapkan. Maka para warga binaan akan memilih di TPS terdekat yang dilakukan penjemputan ke Rutan.

”Petugas TPS terdekat akan mendatangi Rutan untuk melakukan pengambilan suara,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan Tahanan Rutan Kelas I Tanjungpinang Harry Suriyadi menuturkan, warga binaan gunakan hak pilih sebagai warga Tanjungpinang. Gunakan hak pilih walaupun sedang berada didalam Rutan Tanjungpinang. (ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here