855 Peserta Dinyatakan Tidak Lulus

0
182

BATAM – ‎Hingga hari ketiga penyelenggaraan Ujian CPNS dengan Computer Assisted Test (CAT), Senin (29/10) sebanyak ‎855 orang peserta dinyatakan gagal. Sementara yang lulus mengikuti tes tersebut, baru 45 orang. Pelaksanaan ujian CAT dimulai sejak, 26 Oktober kemarin.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Batam, M Syahir mengatakan, ‎peserta dinyatakan gagal langsung diketahui melalui komputer masing-masing.

‎”Di tiga hari pelaksanaan ujian, mulai tanggal 26 sampai 29 Oktober sore, sudah 45 orang yang lulus dari 900 peserta. Sisanya gagal,” ungkap Syahir.‎

Diakui, sampai saat ini pelaksanaan ujian berjalan lancar dan tertib. Pihaknya bersama BKN UPT Batam sudah mengantisipasi terjadinya hal yang tak diinginkan saat ujian berlangsung. ‎Diakui, setiap sesi ada jeda atau rentang waktu 30 menit.

‎”Peserta mengikuti setiap sesi selama 90 menit. Tiap peserta mengisi sebanyak 100 soal,” sambungnya.‎

Ia menuturkan, pelaksanaan ujian CAT, digelar secara ketat. Ditetapkan, setiap peserta yang terlambat, langsung dinyatakan gagal. Syahir menghimbau agar peserta CPNS yang ingin mengikuti ujian CAT hadir satu jam sebelum ujian dimulai.

“Sesuai data yang kami miliki, 11 peserta dinyatakan gagal mengikuti tes. Mereka didiskualifikasi, karena terlambat dan tidak datang,” tegas Syahir.

Ia menuturkan, peserta penting hadir satu jam sebelum mulai ujian, agar panitia memiliki waktu, mengecek kartu ujian dan KTP. Selain itu, untuk mencocokkan, cap tangan peserta CPNS akan distempel sesuai dengan nomor sesi peserta.

“Sesi pertama nomor stempelnya 1, sesi kedua nomor stempelnya 2 dan seterusnya sampai 5,” beber Syahir.

Sementara Kepala UPT BKN di Batam, Andri Febrian mengatakan, peserta wajib membawa KTP asli. Jika tidak makan tidak boleh masuk ruangan ujian.

Dituturkannya, peserta juga tidak boleh membawa handphone, apabila ketahuan membawa akan didiskualifikasi. “Apalagi ketahuan berbunyi, kita langsung gugurkan,” tegasnya.(mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here