9 Program Jadi Prioritas Pembangunan

0
149
BUPATI Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) Abdul Haris SH foto bersama Sekda serta pimpinan OPD setelah acara Musrenbang, Senin (11/3). f-istimewa
Sebanyak 9 program pembangunan akan menjadi prioritas di Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) pada tahun 2020 mendatang. Usulan ini setelah digelarnya Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), Senin-Selasa (11-12/3).

ANAMBAS – Sembilan prioritas pembangunan tersebut antara lain, yakni pelayanan pendidikan yang bermutu, pelayanan kesehatan yang berkualitas, pembenahan infrastruktur air bersih, pengembangan konektivitas wilayah, pengembangan perikanan, pertanian dan ketahanan pangan serta pariwisata dan lingkungan hidup.

Selain itu, ada juga pengembangan ekonomi kerakyatan, ketenagakerjaan, iklim investasi yang kondusif. Tak lupa juga, pembangunan sarana prasarana perkantoran dan penyelenggaraan pelayanan umum pemerintahan, penyelenggaraan birokrasi yang bersih profesional serta penguatan otonomi desa.

Di samping itu, juga terdapat peningkatan peran kepemudaan perempuan dan pembangunan sosial budaya yang berbasis Akhlakulkarimah.

Hal itu dikemukakan Bupati KKA Abdul Haris SH saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencaja Kerja Pemerintah Daerah tahun 2020 di Gedung Balai Pertemuan Masyarakat Siantan (BPMS), Senin (11/3) malam.

Menurut dia, tema Musrenbang pada tahun ini adalah “Pendidikan dan kesehatan yang berkualitas, dan merata serta pembangunan konektivitas wilayah dan sarana prasarana pemerintah yang berkesinambungan”.

Musrenbang itu, juga membahas untuk membangun sektor pendidikan dan kesehatan yang berkualitas dan merata, serta pembangunan konektivitas wilayah dan sarana prasarana pemerintahan yang berkesinambungan. Musrenbang sendiri dilaksanakan, sejak 11 sampai dengan 12 Maret 2019.

”Musrenbang setiap tahun dilaksanakan dan diperuntukan untuk tahun 2020. Dalam Musrenbang akan dilaksanakan rapat dan diskusi untuk tampung aspirasi yang disampaikan,” jelas Haris.

Saat ini, lanjut dia, saran dan masukan yang diberikan dari BP2KKA akan diterima. Begitu pula pokok-pokok pikiran yang disampaikan oleh DPRD dan semua masukan-masukan akan dijadikan dasar dalam pembangunan Anambas ke depannya.

”Untuk menyukseskan hal itu harus ada komitmen, dan sinergitas semua pemangku kepentingan yang ada untuk mendorong laju dan berkembangnya pembangunan di Anambas,” sebut dia.

Terpenting, tambah Haris, adalah satu kata dalam mensinergikan hal itu. Apabila saling bertolak belakang, maka tidak akan terwujud apa yang dicita-citakan.

”Jika ini bertolak belakang maka tidak akan terwujud pembangunan yang maksimal. Tidak ada yang mustahil, ayo kita bersinergi. Kami tidak pelit anggaran untuk kepentingan masyarakat apapun yang dibangun memang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Jika masih ada yang belum itu lebih karena keterbatasan anggaran,” ucapnya.

Sementara itu, PLT Kepala Balitbangpeda KKA Adies Saputra mengatakan, Musrenbang dilaksanakan dalam rangka penyusunan Rencana Kerja tahun 2020 mendatang.(INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here