9 Ribu Pemudik Lewat Hangnadim

0
407
Pemudik di bandara hangnadim batam

BATAM – Arus mudik di Bandara Hang Nadim, Batam, terus meningkat, mendekati hari H, lebaran Idul Fitri. Ruang cek in dan ruang tunggu Bandara Hang Nadim, terlihat dipenuhi calon penumpang, Minggu (10/6). Diperkirakan, jumlah diperkirakan hampir 10ribu. Sementara sehari sebelumnya, jumlah penumpang sekitar 9ribu orang. Namun lonjakan penumpang akan diperkiraan terjadi H-5 hingga H-3.

Disebutan, Sabtu (9/6), lonjakan penumpang terlihat di terminal keberangkatan. Menurut Direktur Badan Usaha Bandar Udara Hang Nadim, Suwarso, puncaknya mulai Minggu. ”Perkiraan kami, mulai besok sampai Selasa, penumpang yang akan keluar Batam itu diatas 10 ribuan orang,” katanya.

Baca Juga :  ATB Naikan Tarif Sepihak

Suwarso menuturkan jumlah penumpang akan kembali turun di H-2 hingga hari H Idul Fitri 1439 Hijriah. Ia menuturkan alasan mempekirakan Minggu menjadi puncak arus mudik, karena mulai Senin (11/6) pegawai negeri dan beberapa perusahaan tidak lagi bekerja. Dimana sebelumnya, jumlah penumpang Minggu (3/6) 7.900 orang, Senin (4/6) 8.447 orang, Selasa (5/6) 8.888 orang, Rabu (6/6) 9.259 orang, Kamis (7/9) 9.353 orang dan Jumat (8/6) 9.543.

”Lonjakan penumpang yang terlihat jelas itu dari Rabu (6/6) lalu. Penumpang yang berangkat itu sudah diatas 9ribuan orang, hingga kemarin (8/6),” ujarnya.

Baca Juga :  Generasi Muda Inspirasi Transformasi Digital Telkomsel

Suwarso mengakui, pihaknya telah jauh-jauh hari mengantisipasi lonjakan penumpang. Di Bandara Hang Nadim telah mendirikan dua posko pengamanan di luar area terminal. Lalu posko pelayanan di dalam terminal serta posko kesehatan. “Kami ingin memberikan pelayanan optimal bagi pemudik tahun ini,” ungkapnya.

Walaupun penambahan jadwal penerbangan tidak se masif tahun lalu. Suwarso tetap optimis pemudik tahun ini meningkat dikisaran angka 4 persen dibandingkan tahun lalu. Indikasi ini terlihat dari pemesanan tiket yang sudah full sejak awal Ramadan. ”Kami rasa naik, karena ekonomi sudah kembali perlahan-lahan pulih,” tuturnya.

Baca Juga :  Data BKD Harus Terhubung ke BKN

Pemudik tahun ini tidak hanya memdati Bandara Internasional Hang Nadim saja. Tapi juga Pelabuhan Roro Telagapunggur. Pemudik asal Sumatera sejak beberapa hari lalu mengantri di Telagapunggur untuk menunggu jadwal pemberangkatan rute Batam ke Mengkapan, Riau.

Berbeda dengan pemudik di Hang Nadim hanya membawa barang seadanya. Pemudik di pelabuhan ASDP Ferry Indonesia di Pelabuhan Telagapunggur, membawa berbagai jenis kendaraan saat mereka keluar dari Batam. (mbb)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here