93 Kasus Terbakar, Waspadai Cuaca Musim Utara

0
130
SEORANG petugas Damkar UPT Bintan Utara saat memadamkan kebakaran lahan, baru baru ini. f-jendaras/tanjungpinang pos

TANJUNGUBAN – Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bintan Utara (Binut) memadamkan 93 titik kebakaran, selama tahun 2018 lalu. Memasuki cuaca musim utara sekarang, UPT Damkar Binut meminta warga mewaspadai kondisi angin kencang dan cuaca kemarau yang bisa memicu kebakaran.

Panyodi, Kepala Subbag TU Damkar Bintan Utara menjelaskan, dari 93 kasus kebakaran selama tahun 2018, banyak terjadi pada bulan Februari, yaitu 47 kebakaran lahan. Sedangkan Maret sebanyak 13 kebakaran dan April 6 kasus kebakaran.

Dari 93 lokasi kebakaran, 90 kasus diantaranya merupakan kebakaran lahan mencapai total 194,5 hektare, 1 kasus kebakaran mobil, 1 kebakaran rumah dan 1 kebakaran dapur.

”Kami mengimbau kepada masyarakat, agar tidak membakar lahan. Karena kondisi cuaca saat ini sangat berpotensi terjadi kebakaran, yang dapat meluas dengan cepat,” katanya, Kamis (3/1) kemarin.

Ia mengingatkan juga agar warga yang membakar sampah, wajib mengawasi dan tidak meninggalkan begitu saja. Karena potensi kebakaran juga dapat terjadi dari situ.

”Untuk yang memasak di dapur juga memperhatikan keselamatan gasnya, dan juga jangan meninggalkan rumah saat sedang memasak,” tambahnya. (aan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here