94 Mustahiq Menerima Dana Zakat

0
566
Penyerahan zakat: Lis Darmansyah membagikan dana zakat kepada mustahiq, Selasa (26/9). F-ANDRI/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – Sebanyak 94 mustahiq menerima dana zakat dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tanjungpinang, Selasa (26/9). Wali Kota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah menyerahkan dana zakat ke para mustahiq di Masjid Jami Al-Jannatul Ma’wa di Jalan Soekarno Hatta Tanjungpinang.

Ada 17 mustahiq yang dapat bantuan zakat untuk kebutuhan sehari-hari mereka. Dana yang dibagian Rp24.850.000. Ada juga bantuan biaya berobat untuk dua mustahiq sebesar Rp2.500.000. Dan, 26 mustahiq diberikan untuk membayar kebutuhan sekolah sebesar Rp 34.400.000. Juga telah menyerahkan bantuan modal usaha untuk 42 mustahiq sebesar Rp 69.400.000. Tujuh orang diberikan dana untuk pembinaan sebesar Rp 17 juta.

Lis mengatakan dana zakat yang telah disalurkan Baznas Kota Tanjungpinang, berasal dari sumbangan dari sekelompok masyarakat hingga Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemko Tanjungpinang. Mereka telah menyisihkan dan membagikan rizekinya kepada orang yang kurang beruntung.

”Dana yang diterimanya baiknya digunakan dan dimanfaatkan sebaik-baiknya, terutama mustahiq yang mendapatkan bantuan modal usaha. Tak hanya mengandalkan bantuan dari dana zakat ini saja, tentu harus terus berikhtiar dan berusaha,” kata Lis, kemarin.

Lis juga mendoakan usaha yang dijalankan mereka dapat terus berkembang sehingga dapat memenuhi kebutuhan keluarga dirumahnya. Lis berharap dana zakat yang diterima para mustahiq, mampu untuk memberikan dampak positif dalam program pemerintah mengentaskan kemiskinan di Tanjungpinang. Karena mengentaskan kemiskinan perlu dilakukan secara bertahap.

”Bukan hanya semata tugas pemerintah untuk menurunkan angka kemiskinan tapi harus bersama elemen masyarakat di Kota Tanjungpinang,” sebut dia.

Sementara itu, Ketua Baznas Kota Tanjungpinang, Muttafin mengatakan pembagian dana zakat yang dilakukan oleh Baznas Kota Tanjungpinang sudah yang ke dua kalinya. Di tahun kedua ini, Baznas Kota Tanjungpinang menyalurkan dana zakat ke 94 mustahiq. ”Total dana zakat yang kita keluarkan sebesar Rp 148 juta,” kata Muttafin.

Kata dia, Baznas kembali akan menyalurkan dana zakiat akhir Desember 2017. “Satu tahun tiga kali kita salurkan dana Baznas kita,” bebernya. (dri) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here