Abaikan Teluksasah, Bangun di Uban

0
963
Jamhur Ismail

Dishub Gesa Pembangunan Lima Pelabuhan

BINTAN – DINAS Perhubungan Kepri akan menggesa pembangunan lima pelabuhan di wilayah Kepri, paling lambat awal September mendatang sudah dimulai. Untuk wilayah Kabupaten Bintan, Pemprov Kepri mengabaikan program pembangunan pelabuhan bongkar muat di Teluksasah, sesuai usulan Pemkab Bintan.

Pembangunan pelabuhan resmi bongkar muat atau multi fungsi justru dibangun di wilayah Kampung Melati, Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara. Penegasan ini disampaikan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kepri Jamhur Ismail, di sela meninjau pelabuhan Dompak, Selasa (4/7) lalu.

Menurut Jamhur, pelabuhan di Kampung Melati tersebut dibangun simultan, dengan rencana jangka pendek. Pelabuhan di Kampung Melati ini multi fungsi, bisa disinggahi kapal barang, kapal penumpang dengan kafasitas besar. Pelabuhan dibangun dengan dana APBD 2017 Kepri, sebesar Rp 50 miliar. Lokasinya, di antara pelabuhan ASDP dan pelabuhan TNI Tanjunguban. Ia menambahkan, pembangunan pelabuhan di Tanjunguban dan empat lokasi lain digesa, karena sudah mendapat desakan dari Gubernur Kepri Nurdin Basirun.

”Gubernur sudah menggelar rapat khusus dengan kami. Pembangunan pelabuhan ini merupakan kegiatan dari sejumlah program strategis di Dishub Kepri. Pembangunan pelabuhan bongkar muat tidak dibangun di Teluksasah, karena di situ dangkal,” ujarnya. Selain pembangunan pelabuhan di Tanjunguban, kegiatan serupa juga ditujukan untuk pembangunan pelabuhan Penagi di Natuna, pelabuhan Berhala di Lingga, konekting Pelantar I dan Pelantar II Tanjungpinang, serta Pelabuhan Karimun.

Sebelumnya, Bupati Bintan H Apri Sujadi mengatakan, pelabuhan bongkar muat dibangun di Teluksasah, Kecamatan Seri Kuala Lobam. Saat ini, sudah ada tambahan lahan sekitar empat hektare, selain merenovasi pelabuhan domestik Teluksasah. ”Teluksasah itu lebih strategis dibangun pelabuhan bongkar muat. Selain lokasi luas, di situ juga bisa menggerakan roda ekonomi masyarakat,” kata H Apri Sujadi, baru-baru ini.(SUHARDI-YENDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here