Acaranya Sepekan, Bertabur Hadiah

0
666

Perayaan Hardiknas Kemdikbud, 21-27 April di Tanjungpinang

Perayaan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang akan digelar 21-27 April 2018 dimeriahkan dengan berbagai jenis lomba tingkat pelajar.

TANJUNGPINANG – Panitia yang dilibatkan tiga Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemdikbud yang ada di Kepri. Masing-masing Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Kepri, Balai Pelestarian Nilai dan Budaya (BPNB) Kepri, dan Kantor Bahasa Kepri berkolaborasi.

Ketiga UPT ini berkolaborasi menjadi panitia untuk memeriahkan perayaan Hardiknas yang akan digelar sepekan di Kawasan Gedung Gonggong, Tanjungpinang.

Ketua panitia pelaksana, Ali Rahman Kaban mengatakan, acara perlombaan tingkat pelajar di Hardiknas itu untuk menindaklanjuti surat Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 16061/A.A6/TU/2018 tanggal 22 Maret 2018 perihal Pelaksanaan Hardiknas Tahun 2018. ”Kami membentuk panitia bersama. Tiga UPT berkolaborasi. Masing-masing UPT punya kegiatan. Itu yang kami satukan. Biar gaungnya lebih terasa,” kata Ali, kemarin.

Baca Juga :  Orangtua Siswa Dibekali Cara Mendidik Anak

Menurutnya, peringatan Hardiknas ini untuk memperkuat komitmen insan pendidikan akan penting dan strategisnya pendidikan bagi peradaban dan daya saing bangsa. Selain itu, mengingatkan kembali seluruh insan pendidikan akan filosofi perjuangan Ki Hadjar Dewantara dalam meletakkan dasar dan arah pendidikan bangsa, dan meningkatkan rasa nasionalisme insan pendidikan.

Untuk perlombaan yang akan digelar di antaranya pentas seni, pameran aktivitas dan produk sekolah model atau percontohan dari Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan, pameran budaya dan tradisi Kepulauan Riau oleh BPNB, bazar buku murah, Lomba Kebahasaan dan Kesastraan, Lomba Melukis Kesejarahan Tingkat SD dan SMP, Lomba Mewarnai, gelar wicara (talk show). ”Ada juga Pojok Baca dan bioskop keliling di sejumlah lokasi. Pembukaan kegiatan tanggal 21 April dan rencananya akan dibuka oleh pak gubernur. Selain itu pada 22 April juga ada jalan santai bertabur hadiah menarik,” jelasnya.

Baca Juga :  2018, Kuota Guru Paling Banyak

Kepala BPNB Kepri, Toto Sucipto tahun ini BPNB Kepri memberikan kontribusi dengan menggelar empat kegiatan di perayaan Hardiknas. ”Dalam gelar seni, rencananya ada 10 sanggar yang tampil. Dari empat kegiatan, kawan-kawan panitia BPNB Kepri persiapannya hampir final,” kata Toto.

Toto berharap dengan adanya kegiatan ini, sinergi dengan dua UPT Kemdikbud lainnya makin solid. Persiapannya sudah matang. ”Panitianya sudah beberapa kali rapat di Kantor LPMP Kepri dan juga ada rapat di kantor BPNB Kepri. Kita berharap acara pertama tiga UPT bersinergi ini berjalan lancar dan sukses,” harapnya.(ZAKMI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here