Ada 7 WNA Tinggal di Lingga

0
87
Bugie Kurniawan

LINGGA – Kantor Imigrasi Kelas III Dabo Singkep bersama Tim Pengawas Orang Asing (Pora), melakukan koordinasi tentang visa dan izin tinggal serta data orang asing di wilayah Kabupaten Lingga, Rabu (26/9).

Kepala Kantor Imigrasi Dabo Bugie Kurniawan mengatakan, kegiatan yang melibatkan tim yang tergabung mulai dari intel Polres, Lanal Dabo, Kejari, Kesbangpol, Bea Cukai, Disnaker, Disdukcapil serta Disparpora.

Hal ini dilakukan, guna meningkatkan frekuensi komunikasi dan kerjasama dalam kegiatan lapangan.

”Tim Pora ini merupakan gabungan dari seluruh instansi, yang terkait dengan pengawasan orang asing. Jadi kami sama-sama mengawasi terhadap keberadaan orang asing yang ada di Lingga,” kata Bugie usai kegiatan.

Saat ini, tercatat ada tujuh orang asing atau Warga Negara Asing (WNA) yang telah mengurus izin menetap di Lingga untuk sementara waktu.

”Dari data izin tinggal keimigrasian, saat ini ada tiga orang pemegang Izin Tinggal Sementara (Itas). Selain itu, dua orang pemegang izin Kemudahan Khusus Keimigrasian (dahsuskim) serta dua orang pemegang Izin Tinggal Tetap (Itap),” ujarnya.

Dalam waktu dekat, di Kabupaten Lingga juga akan dilaksanakan Festival Sail Indonesia diikuti sekitar 80 kapal layar yang akan melintasi wilayah Kabupaten Lingga.

Artinya, akan ada banyak orang asing yang akan masuk ke Negeri Bunda Tanah Melayu tersebut.

”Kemudian, di Lingga awal Oktober ini juga akan digelarnya KTT Kelapa Internasional yang rencananya dihadiri oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo dan perwakilan negara-negara undangan. Hal ini tentu menjadi atensi kami,” imbuhnya. (tir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here