Ada 9 Perusahaan Mau Nambang Pasir Laut

0
876
BEROPERASI: Kapal penghisap pasir saat beroperasi di wilayah perairan Karimun. Tidak lama lagi, akan ada pertambangan pasir darat maupun pasir laut. F-ALRION/TANJUNGPINANG POS

Karimun – PEMERINTAH Kabupaten Karimun mengaku belum menerima pemberitahuan eksplorasi perusahaan pasir laut. Tetapi, pemerintah membenarkan akan ada perusahaan yang melakukan kegiatan di eksplorasi tersebut.

”Sampai hari ini belum ada pemberitahuan, informasinya ada 9 perusahaan pasir laut yang hendak melakukan kegiatan. Pemerintah Kabupaten Karimun hanya mengeluarkan rekomendasi yang menerbitkan izin tambang ada pada Pemerintah Provinsi Kepri,” kata Kepala Dinas Perdagangan, UKM Koperasi dan ESDM Karimun, M Yosli kepada Tanjungpinang Pos, Senin (13/2) kemarin.

Masih kata Yosli, tujuan eksplorasi untuk mengetahui keberadaan pasir laut, stok serta kwalitas pasir.

Setelah dilakukan eksplorasi dilanjutkan dengan kegiatan eksploitasi dan langsung penambangan pasir laut, sesuai dengan izin yang diberikan pemerintah.

Terpisah, Udin nelayan di Karimun berharap Pemerintah bersikap bijak sebelum memberikan izin usaha pertambangan (IUP) kepada perusahaan pasir laut.

”Karena ini berdampak langsung terhadap kami nelayan, terutama area tangkap nelayan akan terganggu,” tambah dia.

Sejauh ini, belum ada pertanyataan sikap dari beberapa teman nelayan apakah menolak menerima kegiatan penambangan pasir laut di Karimun.

Jika ke depan perusahaan beroperasi, nelayan harus diperhatikan, karena pendapatan nelayan otomatis akan berkurang.

Pemerhati Kinerja Apartur Daerah, Karimun, Abizar mengatakan ketika dilakukan sosialisasi analisa dampak lingkungan, semua pihak harus dilibatkan termasuk nelayan yang terdampak langsung. Untuk menghindari permasalahan dikemudian hari.(ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here