Ada Hak Orang Lain dari Harta Kita

0
576
SEKDAPROV Kepri TS Arif Fadillah menyerahkan zakat fitrah usai membuka Konter Zakat Baznas Kepri di Rupatama Lt.4 kantor Gubernur, Istana Kota Piring, Pulau Dompak, Tanjungpinang, Rabu (6/6).f-istimewa/humas pemprov kepri

Sekdaprov H TS Arif Fadillah mengimbau kepada seluruh pegawai di lingkungan Provinsi Kepri untuk sadar akan berzakat. Karena kita harus sama-sama sadar, ada hak orang lain dari harta kita.

DOMPAK – ARIF mengatakan, di samping merupakan kewajiban sebagai umat untuk berzakat, juga merupakan bentuk saling berbagi antarsesama terutama bagi mereka yang membutuhkan.

”Kita harus sadar akan hak orang yang membutuhkan dari harta yang kita miliki itu,” ujar Arif saat membuka Konter Zakat Baznas Kepri di Rupatama Lt.4 kantor Gubernur, Istana Kota Piring, Pulau Dompak, Tanjungpinang, Rabu (6/6).

Sekda melanjutkan bahwa dengan adanya konter zakat ini dapat menggiring dan memotivasi para pegawai lainnya di tengah kesibukan dalam bekerja dan dapat pula mempermudah kinerja dari baznas dalam mendata rasio zakat masyarakat Kepri. ”Saya yakin UPZ tetap berjalan dengan baik dan pegawai juga tetap lancar menyalurkan zakatnya di tengah kesibukan dalam bekerja,” lanjut Arif.

Baca Juga :  Wako-Wawako Salat Idul Fitri di Engku Putri

Sementara itu Ketua Baznas Kepri Mustamin Hussain mengatakan bahwa pada hakikatnya semua zakat itu serahkan ke Baznas, meskipun ada yang ingin memberikan langsung ke pihak yang membutuhkan namun data pencatatan harus disampaikan terlebih dahulu ke Baznas baru kemudian dana tersebut bisa diambil lagi untuk diserahkan langsung ke penerima.

”Intinya zakat yang akan kita salurkan itu di ijab qobulkan dulu sesuai agama,” kata Mustamin.

Mustamin melanjutkan dengan konter yang saat ini dibuka maka akan memudahkan pegawai di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepri dalam menyerahkan zakatnya. ”Tentu memudahkan kita untuk mendata seberapa besar rasio masyarakat sadar zakat,” lanjut Mustamin.

Baca Juga :  Hari Bakti TNI-AU, Danlanud RHF Ziarah ke Penyengat

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Misni, Kepala Biro Pemerintahan Haryono, Kepala Biro Hukum Heri Mokhrizal dan Kasatpol PP Subandi. Kepala Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kepri H Mustamin Husain mengatakan, target capaian perolehan zakat tahun 2018 ini, harus meningkat dibandingkan 2017 yang hanya Rp2,6 miliar.

Dijadwalkan, Baznas bahwa hari ini Gubernur, Wagub Kepri bersama jajaran pejabat Pemprov Kepri serentak melakukan pembayaran zakat di Gedung Daerah, Tepilaut Tanjungpinang.

Hal tersebut disampaikannya kepada Tanjungpinang Pos, saat menggelar safari di Kota Batam Minggu kemarin. ”InsyaAllah target kita tahun 2018 ini Rp3,9 miliar, optimis harus tercapai,” terang Mustamin Husain.

Baca Juga :  Pungli Hambat Pembangunan

Mustamin menyampaikan, bahwa saat ini hampir seluruh petugas serta badan pengumpul zakat resmi, dari Baznas sampai pemerintah sendiri sudah mulai menerima proses zakat. Apakah zakat fitrah maupun, zakat Mal.

Mustamin menceritakan, tak hanya di rumah ibadah mulai dari surau, masjid, bahkan Baznas Kepri pun telah sudah membuka loket khusus, misalnya di mal dan lainnya.(MARTUNAS-SUHARDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here