Ada Lomba Gasing dan Ram-ram Pisang

0
681
MAIN GASING: Anak-anak saat bermain gasing di Penyengat, belum lama ini. f-dok/tanjungpinang pos

Permainan tradisional turut ramaikan pptma lingga 2017

Permainan tradisional yang sudah jarang dimainkan akan diangkat kembali saat Perhelatan Pemuliaan Tamadun Melayu Antarbangsa (PPTMA) Lingga pada, 17-26 November nanti.

LINGGA – KEMERIAHAN PPTMA akan semakin terasa dengan adanya pagelaran permainan rakyat tradisional yang populer di zamannya itu. Pada kesempatan nanti, tamu istimewa, pengunjung dan masyarakat bisa menyaksikannya.

Berbagai permainan rakyat tradisional yang ada di daerah yang berjuluk Bunda Tanah Melayu ini, diantaranya, Ram-ram Pisang, Gasing Lingga dan beberapa permainan lain akan menjadi suguhan sambutan selamat datang bagi para tamu kehormatan di panggung utama PPTMA yang didirikan di Halaman Kantor Bupati Lingga.

”Agar dapat tampil dengan menarik, telah disiapkan teknis dan setting permainan. Ramlan Hitam, selaku koordinator kegiatan permainan rakyat tradisional ini telah berkoordinasi dengan budayawan dan tokoh lainnya baik di Kabupaten Lingga dan Kepri,” kata Ketua Umum Panitia PMTMA, M. Ishak, Kamis (2/11).

Dikatakannya, permainan rakyat tradisional yang menjadi salah satu warisan budaya tidak benda ini, saat ini sudah jarang dilakukan oleh anak-anak. Dengan digelarnya kegiatan ini nanti, bisa mengobati rindu para orang tua yang pernah memainkan permainan tradisional ini. Yang lebih penting diharapkan dengan dilakukannya kegiatan ini akan turut melestarikan warisan sekaligus Tamadun Melayu yang menjadi aset Kabupaten Lingga.

”Kita yakin anak-anak masa sekarang banyak yang belum tahu tentang permaian rakyat tradisional yang pernah berkembang di kalangan waktu kita masa anak-anak dahulu,” ucap Kepala Dinas Kebudayaan Pemkab Lingga, tersebut.

Selain pada acara penyambutan tamu, permainan rakyat juga akan dimainkan pada hari yang lain di lokasi perkampungan Damnah yang berdekatan dengan Museum Damnah.

”Agar jenis permainan rakyat tradisional yang ada di Lingga tercatat dengan baik, Pemkab Lingga melalui Disbud pada tahun ini membuat kajian dan penulisan terkait hal ini,” imbuhnya.

Roro Tambah Jadwal
Sebab, ratusan tamu dari negara serumpun, masyarakat dan turis akan mendatangi Lingga untuk menyaksikan perhelatan akbar ini. Transportasi laut menjadi yang utama dipersiapkan untuk kegiatan yang dilaksanakan sempena Hari Jadi Kabupaten Lingga ke-14, tanggal 27-26 November 2017 tersebut.

Pihak Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga melakukan pun koordinasi dengan manajemen PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) sebagai pengelola Kapal Roll On Roll Off (Roro).

Dishub meminta ada tambahan jadwal pelayaran roro ke Lingga. Permintaan penambahan jadwal kapal roro itu telah disetujui pihak ASDP dengan menambah jadwal pelayaran KMP Paray rute Pelabuhan Jagoh-Pelabuhan Penarik.

Selain ASDP, Dishub Lingga juga telah berkoordinasi dengan operator pelayaran lokal untuk bersiap menyambut kegiatan PPTMA. Hal ini dilakukan untuk menjamin kelancaran transportasi kegiatan.

”Kami sudah layangkan surat permintaaan penambahan jadwal kapal Roro dari Jagoh-Penarik. Pihak ASDP sudah menyetujui, tinggal pengaturan teknis saat kegiatan berlangsung,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Lingga, Yusrizal, Kamis (2/11) kemarin.

Dikatakannya, selain transportasi laut yang menghubungkan Pulau Singkep dan Pulau Lingga, Dishub Lingga juga mempersiapkan transportasi darat dari Pelabuhan penarik ke Kota Daik dan Pelabuhan Jagoh ke Dabo Singkep.

Lima armada bus milik pemerintah telah dibagi peruntukannya, yakni tiga di Pelabuhan Penarik dan dua di Pelabuhan Jagoh. ”Bus bus ini untuk mengantisipasi peserta PPTMA yang menginap di Dabo Singkep. Perkiraan jumlah peserta lebih dari 1.000 orang ini, tidak mungkin tertampung dengan jumlah hotel yang tersedia di Daik. Kemungkinan ada peserta yang menginap di Dabo Singkep,” jelasnya.

Hingga saat ini, kata Yusrizal, Dishub Lingga masih menunggu verifikasi data peserta yang hadir dalam kegiatan PPTMA yang memuat klasifikasi tamu. ”Kami masih menunggu data kehadiran tamu yang menyatakan kesediaannya untuk datang ke Lingga saat perhelatan nanti,” imbuhnya.(TENGKU IRWANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here