Ada Pawai dan Pesta Rakyat

0
494
ZIARAH : Sejumlah pengunjung ziarah ke makam Sultan Mahmud Riayat Syah di Daik Lingga, belum lama ini. f-DOK/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Kegembiraan dan kebanggan penetapan Sultan Mahmud Riayat Syah (SMRS) sebagai pahlawan nasional milik seluruh masyarakat Kepulauan Riau. Sebab itu, kedatangan rombongan Gubernur Nurdin dan Tengku Husein, zuriah SMRS, Sabtu (11/11) pagi lusa di Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang haruslah disambut dengan meriah.

Gubernur Nurdin mengajak seluruh masyarakat ikut serta dalam kemeriahan ini. ”Karena ini kebahagiaan dan kebanggaan kita semua,” ujarnya.

Agar kian semarak, akan dilaksanakan pawai keliling kota usai prosesi penyambutan secara adat setiba di bandara. Pada rapat persiapan sebelumnya, Pemprov Kepri telah berkoordinasi dengan Pemko Tanjungpinang, agar siswa-siswa bisa ikut menyaksikan secara langsung arakan pawai piagam pahlawan nasional SMRS.

Setelah tiba di Gedung Daerah, akan dilanjutkan dengan doa syukur atas hasil kerja keras bersama selama dua tahun terakhir ini. Adapun malamnya, akan dihelat pesta rakyat dengan menampilkan atraksi kesenian-kesenian Melayu.

Kepala Dinas Sosial Kepri, Doli Boniara mengajak masyarakat bisa ikut hadir dalam acara yang berbahagia ini. “Karena Pak Gubernur memang mau kebahagiaan dan kebangaan ini dirasakan bersama-sama,” ujarnya.

Doli berharap, momentum berbahagia ini tidak berhenti di sini. Ke depannya, ia membayangkan akan ada banyak lagi kajian, penelitian, maupun pengembangan dari ilmu dan pengalaman Sultan Mahmud Riayat Syah kala memimpin Kesultanan Riau-Lingga-Johor-Pahang selama lebih dari setengah abad.

”Rasa-rasanya tidak ada alasan untuk tidak belajar banyak dari Sultan Mahmud. Katanya kita harus mengembalikan kejayaan maritim, bukan? Untuk itulah, kita mesti belajar banyak dari Sultan Mahmud,” pungkas Doli. (ais/tih)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here