Ada Penambahan Cabang di MTQ Provinsi 2018

0
1220
Mahadi Rahman

DOMPAK – Jumlah cabang yang akan dilombakan dalam ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi Kepri Tahun 2018 bertambah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Kabag Keagamaan Biro Kesra Pemprov Kepri, Mahadi Rahman yang juga Direktur Quran Center Sekupang-Batam mengatakan, ada penambahan cabang perlombaan MTQ dan penambahan usia peserta pada beberapa cabang musabaqah.

Adapun golongan ditambah nanti yakni untuk cabang Fahmil Quran dan Syarhil Quran. Mahadi mengatakan, sebelumnya penilaian untuk dua cabang ini disamakan baik itu peserta perempuan maupun laki-laki. ”Untuk MTQ Tahun 2018 ini, pesertanya akan dipisah Fahmil Quran golongan laki-laki dan perempuan serta Syarhil Quran golongan laki-laki dan perempuan. Penilaiannya nanti berbeda khusus laki-laki dan perempuan,” ujar Mahadi kepada Tanjungpinang Pos via ponselnya, Selasa (13/3).

Kemudian, ada juga penambahan penambahan golongan seperti, golongan remaja As-Sab’ah Mujawwab, remaja Murattal, dewasa As-Sab’ah Murattal. Kemudian, regu Fahmil Putra dan Putri, serta regu Syarhil Putra dan Putri. ”Nanti, ada juga cabang yang dilombakan untuk menyanyikan ayat suci Alquran dan ada yang membaca,” tambahnya.

Mahadi mengatakan, jumlah peserta MTQ Provinsi Kepri tahun ini akan bertambah dari tahun-tahun sebelumnya karena adanya penambahan golongan dan dan cabang yang diperlombakan. Jika sebelumnya sekitar 43 per kabupaten/kota, maka tahun ini pesertanya bisa mencapai 50-54 orang jika semua lengkap.

Dirinya pun sedang mematangkan persiapan perhelatan akbar tersebut. Selasa (13/3) kemarin, Mahadi mempersiapkan pemondokan untuk dewan juri sekitar 120 orang beserta paniteranya.

”Saya sedang di Dabo Singkep mencari hotel untuk dewan juri nanti. Biar pasti dulu tempat pemondokan nanti,” katanya singkat.

Adapun dewan juri yang disiapkan untuk menilai peserta saat lomba MTQ nanti berasal dari dewan juri nasional dan Provinsi Kepri. Pihaknya sengaja mendatangkan juri nasional agar lebih berkualitas. ”Bukan berarti juri dari Kepri tak bagus, namun dengan kehadiran dewan juri nasional, peserta akan semakin sungguh-sungguh. Bagaimana pun, yang terbaik nanti akan menjadi wakil kita di tingkat nasional,” ungkapnya.

MTQ Provinsi Kepri akan digelar di Dabo Singkep, 2-9 Mei 2018 yang dipusatkan di Desa Lanjut, Kecamatan Pesisir. Sedangkan pendaftaran dilakukan secara online. Sehingga memudahkan peserta dari kabupaten/kota mengirimkan data-data peserta serta tim pendamping/pengasuhnya. Nanti, menjelang pelaksanaan kegiatan, semua tim harus menyerahkan data-data aslinya kepada panitia. Tahun ini merupakan yang pertama pendaftaran secara online untuk MTQ tingkat Provinsi Kepri. Namun, untuk MTQ Nasional, pendaftaran secara online sudah dilakukan sejak tahun 2016 lalu.

Pemprov Kepri sendiri sudah beberapa kali menggelar rapat persiapan MTQ Provinsi Kepri ini. Rapat yang digelar pekan lalu di Kantor Gubernur di Dompak membahas tentang rangkaian agenda yang telah direncanakan akan dilombakan selama perhelatan MTQ beserta pembagian jadwal lomba disertai penempatan lokasinya, selain itu juga dibahas terkait pendistribusian transportasi dan penginapan untuk para peserta yang disampaikan oleh panitia yakni tuan rumah Lingga. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here