Adakah Niat Gubernur Kepri Mencari Wakilnya?

0
705
Jefri

Oleh: Jefri
Alumni STIE Pembangunan Tanjungpinang

Sebagaimana yang kita ketahui, sudah cukup lama posisi Wakil Gubernur Kepulauan Riau ini kosong. Mungkin saat ini, di Istana Kota Piring yang dijadikan sebagai pusat Pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau tepatnya di Pulau Dompak kursi Wakil Gubernur sudah mulai berjamur.

Mengapa demikian? Tentu lamanya Ruangan Wakil Gubernur yang kosong membuat ruang tersebut dipenuhi debu dan jamur bisa jadi.
Sebenarnya mekanisme dalam memilih Wakil Gubernur tidaklah sulit sebagaimana kita ketahui bersama, kepala daerah (Gubernur) mengajukan 2 (dua) orang calonnya untuk dipilih dalam rapat paripurna DPRD Provinsi Kepri (sesuai dengan pasal 26 Ayat 7 undang-undang No.12 tahun 2008 tentang Perubahan kedua atas undang-undang No.32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.

Baca Juga :  Perlindungan Profesi Guru

Sudah jelas mekanisme untuk mendapatkan 2 (dua) orang calon Wakil Gubernur tersebut bisa saja dilakukan dengan 2 (dua) cara.
1. Gubernur menunjuk langsung siapa yang akan dijadikannya wakil dan kemudian nama tersebut diajukan ke DPRD provinsi.
2. Dengan cara proses penyaringan dan pendaftaran calon wakil gubernur kemudian gubernur bisa minta bantu dengan tim seleksi internal, partai pengusung.

Dari 2 (dua) nama tersebut yang dipilih oleh gubernur harus mempunyai kriteria dan memenuhi syaratnya, sesuai undang-undang Pasal 58 UU No.32 Tahun 2004. UU No.12 tahun 2008 tentang persyaratan Calon kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.

Baca Juga :  Marwah dalam Pinggan

Untuk itu gubernur harus melibatkan Juga Komisi Pemilihan Umum (KPU) agar mekanisme dan administrasi wakil Gubernur bisa berjalan dengan lancar.
Ini Harus cepat di selesaikan.
Jika masalah Wakil Gubernur ini berlarut-Larut akan menghambat kinerja, contohnya seperti jika Gubernur keluar kota maka wakil nya tak ada. Siapa yang akan mewakili menduduki kantor yang megah di Dompak.

Gubernur Nurdin Basirun dilantik sejak 25 Mei 2016. Ia dilantik dari wakil menjadi Gubernur Kepri menggantikan posisi HM Sani, karena berpulang ke Rahmatullah pada 8 April 2016. Sampai saat ini belum ada tanda-tanda siapa yang akan mengisi posisi Wakil Gubernur. Kapankan polemik Wakil Gubernur ini berakhir?***

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here