Ade Jadi Engineer di Tokopedia

0
285
ADE Putra Nurcholik ketika menerima piagam penghargaan sebagai lulusan terbaik dari Fakultas Teknik yang diserahkan Gubernur Kepri H Nurdin Basirun yang didampingi Rektor UMRAH Prof Dr Syafsir Akhlus, Sabtu pekan lalu. f-istimewa/humas umrah

Lulusan UMRAH Mampu Bersaing dengan Perguruan Tinggi di Indonesia

Perusahaan teknologi Indonesia, Tokopedia merekrut lulusan Fakultas Teknik dari Jurusan Teknik Informatika Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) yakni Ade Putra Nurcholik Santito.

TANJUNGPINANG – Prestasi cemerlang ditorehkan oleh salah satu wisudawan terbaik UMRAH yang diwisuda Sabtu (23/3) di Balairung Wan Seri Beni Dompak itu membuatnya dilirik Tokopedia

Ia meraih predikat wisudawan terbaik (pemuncak). Ade sendiri sudah diterima bekerja di Tokopedia sejak 9 Januari 2019 begitu dinyatakan lulus usai menempuh sidang sarjana beberapa waktu lalu di Jurusan Teknik Informatika UMRAH.

Kisah mula-mula Ade diterima di-startup Online Marketplace yang didirikan William Tanuwijaya ini dimulai dari lolosnya dia di program Tokopedia Dev-camp, sebuah program pelatihan intensif serta hackathon yang diselenggarakan oleh Tokopedia.

Program ini semacam talent scouting Tokopedia untuk mencari talenta-talenta baru untuk bergabung ke Startup yang kini berstatus Unicorn ini. Dari awalnya 1.500 peserta mengerucut menjadi 39 orang. Ade dari UMRAH adalah satu dari 39 orang tersebut.

Program Dev-Camp ini memberikan kesempatan langka kepada peserta (mahasiswa) untuk terlibat langsung dalam pelatihan teknologi secara intensif.

Sehingga mendapatkan pemaparan bagaimana perusahaan startup Tokopedia beroperasi dan pengalaman langsung untuk mengembangkan produk selama hackathon berlangsung.

Selain itu, peserta juga mendapatkan gambaran pasti tentang bagaimana standar manajemen hingga cara kerja sama tim di perusahaan tersebut.

Kesempatan yang paling menarik adalah, untuk menjadi full time engineer setelah Dev-Camp dan internship selama 3 bulan

Saat hackathon, Ade dan beserta Rivaldi dari Unpad dan Adit dari ITS dengan nama Tim KatAR, meraih juara 3 Tokopedia Dev-Camp di penghujung program Hackaton Devcamp bulan September 2018. Berkat raihan juara 3 saat hackathon.

Untuk itu, Ade diminta untuk menyelesaikan skripsinya segera karena sudah ditunggu untuk menjadi Full Time Engineer di Tokopedia.

Kini setelah diterima di Tokopedia, Ade juga kembali bersua dengan teman satu timnya saat Hackathon, Rivaldi dan Aditya, sama-sama diterima di Tokopedia.

Bersama peraih juara 1 saat Hackathon Tokopedia, Frieda, Ade, Rivaldi dan Adit mengembangkan Fintechpedia.

”Sebuah proyek percontohan untuk Literasi Keuangan Indonesia. Segera meluncur produknya” tulis Ade dalam unggahan Instagramnya.

Capaian Ade ini membuktikan, kalau mahasiswa UMRAH dapat berkiprah di tingkat nasional dalam segala bidang sesuai kemampuannya.

Rektor UMRAH Prof Dr Syafsir Akhlus Msc juga menyampaikan pesan, dan nasehat kepada wisudawan/ti UMRAH.

”Selamat kepada saudara-saudara yang telah sukses menunjukkan prestasi belajar, dan Insya Allah akan sukses pula menempuh perjalanan karir di masa depan. Ingatlah, zaman ini adalah zaman yang sangat kompetitif dan serba cepat,” pesan Akhlus.

”Kita telah memasuki era Revolusi Industri 4.0. Itulah sebabnya zaman ini membutuhkan manusia-manusia yang responsif dan mampu mengantisipasi perubahan. Karena itu, hadapilah zaman ini dengan penuh semangat dan etos kerja disertai dengan jati diri dan moral yang kuat. Jangan mudah terbuai dengan kesenangan sesaat,” katanya.

Ia meminta para sarjana muda ini, agar menjaga nama baik almamater dan citra UMRAH.

Sebarkanlah prestasi-prestasi UMRAH kepada masyarakat, serta tunjukkan kualitas pendidikan di UMRAH sebagaimana tercermin dari kemampuan dan kepribadian saudara-saudara semua.

”Selanjutnya semangatilah adik-adik kalian agar bisa datang menimba ilmu di UMRAH,” tutupnya.(ADLY ‘BARA’ HANANI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here